Workshop PKM dengan tema "Kepakkan Ide Kreativitasmu untuk Berlabuh di PIMNAS" yang diselenggarakan oleh HMJ FMIPA UNM di Aula Gedung FF FMIPA UNM pada Sabtu (14/09).
Sumber: Dok. HMJ FMIPA UNM

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menghelat Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2019. Tema yang diusung kali ini, yaitu "Kepakkan Ide Kreativitasmu untuk Berlabuh di PIMNAS". Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Gedung FF FMIPA UNM pada Sabtu (14/09).

Ketua Jurusan, Asdar, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang bagi mahasiswa matematika menampakkan potensi yang dimilikinya. Ia juga menceritakan jejak prestasi jurusan matematika dalam ajang PKM. 

"Niatnya berkarya dan berkreatifitas. Tahun lalu alhamdulillah jurusan matematika berhasil mengirimkan dua tim ke PIMNAS (baca: Pekan Ilmiah Nasional). Jadi tahun ini harus lebih dari itu," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, judul atau proposal yang diajukan tidak mesti tentang matematika. Ada beberapa PKM bisa mengambil judul atau proposal di luar dari bidang studi yang digeluti.

"Idenya tidak harus seputar matematika. Bisa juga diluar dari matematika. Hanya saja peraturan itu berlaku untuk PKM tertentu," tambahnya. 

Disisi lain, Ketua Panitia, Adea mengatakan bahwa yang melatarbelakangi kegiatan ini diadakan yaitu, agar mahasiswa matematika terwadahi untuk mengembangkan potensi dalam bidang kepenulisan.

“Sebenarnya kami ingin mewadahi warga matematika khususnya tiga angkatan terakhir untuk bisa mengembangkan kepiawaiannya dalam kepenulisan," ujar mahasiswa angkatan 2017 tersebut.

Ia juga berharap besar untuk hasil atau keluaran dari kegiatan kali ini mampu bersaing di PIMNAS. Tidak hanya lolos sampai di PIMNAS, peserta workshop kali ini dapat membawa medali emas PIMNAS tahun selanjutnya.

"Saya sangat berharap tahun depan output dari workshop PKM kali ini bisa tembus di PIMNAS serta membawa medali emas untuk universitas kita ini," tutupnya.

Posting Komentar