Sumber: HMJ Matematika FMIPA UNM

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) helat babak penyisihan 1 Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) grup tingkat SMA. 

Babak penyisihan itu merupakan salah satu aitem perlombaan di kegiatan Genius On Mathematics In Real Application (GEOMETRI), yang merupakan kompetisi matematika yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh HMJ Matematika FMIPA UNM. Kali ini, GEOMETRI mengusung tema Matematika Sportif, Edukatif, Rileks dan Universal (SERU) dengan harapan meningkatkan minat dan belajar pelajar terhadap matematika.

GEOMETRI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana lomba LCTM grup tingkat SMA telah mencapai tingkat nasional se-Indonesia Tengah. Sebanyak 15 rayon berhasil dibuka pada tahun ini, diantaranya Makassar (UNM), Bone (UNM kampus Bone), Pare-Pare (UNM kampus Pare-Pare), Bulukumba (STAI AL-GHAZALI), Palopo (UNCP), Pangkep (SMA Negeri 1 Pangkep), Luwu Timur (SMA Negeri 4 Luwu Timur), Sulawesi Barat (UNSULBAR), Gorontalo (IAIN Sultan Amai), Sulawesi Tengah (UNTAD), Kalimantan Timur (ITK), Kalimantan Utara (STIT IBNU KHALDUN), Kalimantan Selatan (ULM), Bali (IKIP PGRI Bali) dan Nusa Tenggara Timur (UNC).

Total pendaftar LCTM grup tingkat SMA tahun ini sebanyak 81 tim, yang beranggotakan 2 orang per timnya. Babak Penyisihan untuk rayon Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur dilaksanakan pada Sabtu (14/09). Kemudian untuk rayon Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Bali dilaksanakan pada Sabtu (21/09)  dan rayon lainnya dilaksanakan pada Sabtu (28/09). Khusus untuk rayon Makassar (Kampus UNM Parangtambung) diikuti oleh 22 tim yang berasal dari berbagai sekolah, dan dilaksanakan di gedung FG Jurusan Matematika FMIPA UNM. 

“Alhamdulillah rayon Makassar kali ini berjalan sesuai dengan semestinya, walaupun masih ada beberapa kekurangan dan itu akan menjadi catatan kami untuk acara puncak yang lebih baik lagi,” ujar Erjun D selaku Ketua Panitia GEOMETRI 2019 memberi tanggapan.

Adapun pengumuman babak penyisihan 1 Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) tingkat SMA akan diumumkan pada Selasa (01/10) pukul 13.00 WITA secara online di akun sosial media GEOMETRI.

Ketua umum HMJ Matematika FMIPA UNM Riki Yohan Nur Permadi memberi kesan dan harapan yang baik untuk kegiatan penyisihan ini. “Meskipun sistem geometri tahun ini banyak yang berubah, kami tetap berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan kegiatan ini. Alhamdulillah untuk pelaksanaan regionalnya telah selesai dengan peserta yang lumayan banyak,” katanya.

Ia melanjutkan, “semoga pada acara puncak GEOMETRI 2019 lebih kompetitif, dan juga semoga peserta puas dalam mengikuti GEOMETRI 2019 ini,” harapnya.

Posting Komentar