Sumber: Dok. Pribadi Kurniati  Zainuddin

Pelatihan Mengenali Gaya Belajar pada Siswa Madrasah Tsanawiyaadani (MTs) Alauddin Gowa yang dikemas melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), diselenggarakan oleh Kurniati Zainuddin dan Asniar Khumas selaku dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM).

PKM ini berangkat dari ketidakefektifan pembelajaran yang klasikal dan menyeragamkan cara penyampaian materi pelajaran kepada siswa karena ada beberapa siswa yang memiliki gaya belajar tidak sesuai. Oleh karenanya, siswa diharapkan dapat mengulang pelajaran dan belajar secara mandiri di luar kelas. Apabila siswa mengetahui model belajarnya, pada saat belajar mandiri, siswa tetap bisa menikmati dan hasil belajar lebih efektif.

Adapun tujuan yang menjadi target PKM ini, yaitu siswa dapat mengenali gaya belajarnya yang akan membantu siswa dalam menghadapi kesulitannya mempelajari suatu materi pelajaran. Tidak hanya itu, PKM ini menawarkan solusi berupa pelatihan yang memungkinkan siswa dapat mengenali modalitas belajar yang menjadi kelebihan dirnya, mengungkapkan masalahnya dan  bertukar pengalaman, sehingga dapat saling memotivasi. Dengan demikian, setiap anak dapat mengenali gaya belajar yang paling efektif bagi dirnya.

Pelaksanaan PKM ini diawali dengan asesmen awal gaya belajar yang digunakan dan kemampuan menerima pelajaran. Setelah itu, kegiatan ini berlanjut dengan pemberian pelatihan dengan materi “Mengenali Gaya Belajar”. Setelah pemberian materi, peserta diminta untuk menjawab soal-soal terkait materi untuk melihat efektifitas gaya belajar sekarang dan mengisi kuisioner sebagai bahan refleksi sekaligus post-test bagi peserta yang menjadi tolak ukur keberhasilan PKM ini.

Posting Komentar