Seminar Montessori For Preschool oleh Kurniati Zainuddin selaku Akademisi dan Praktisi Metode Montessori pada Anak yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Psikologi (PLP) FPsi UNM Divisi Klinik Tumbuh Kembang Anak dan Remaja di Aula MTM FPsi UNM, Sabtu (26/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (26/10)- Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassas (UNM) Divisi Klinik Tumbuh Kembang Anak dan Remaja usai menyelenggarakan Seminar Montessori For Preschool di Aula Moh. Thayyeb Manrihu (MTM) FPsi UNM, Sabtu (26/10). 

Dian Novita Siswanti selaku Ketua PLP FPsi UNM mengungkapkan bahwa seminar ini dibuka untuk umum dan di hadiri oleh mahasiswa FPsi UNM, Guru Taman Kanak-kanak (TK), dan Ibu Rumah Tangga (IRT). "Mungkin orang mengatakan kalau pembelajaran Montessori ini untuk guru TK, padahal untuk orang tua pun bisa" ungkap dosen yang akrab disapa Dian ini. 

Dian mengaku jika seminar ini telah direncakan jauh-jauh hari. Menurutnya, tema-tema tentang perkembangan anak menjadi favorit terutama dikalangan orang tua dan tenaga pendidik. "Tema ini juga merupakan tema yang seksi, favorit, dan banyak diminta oleh para audience, orang tua, dan pendidik," lanjut dosen mata kuliah Psikologi Perkembangan Anak di FPsi UNM tersebut. 

Adapun tujuan dari seminar ini ialah selain mensosialisasikan kegiatan PLP itu sendiri, juga untuk memberikan psikoeduasi ke khalayak umum terkait tumbuh kembang anak dan metode yang dapat diterapkan ketika berhadapan langsung dengan anak-anak, baik di sekolah maupun di rumah. "Karena tema seperti ini kan hampir semua orang tua butuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa tumbuh kembang anak menjadi salah satu perhatian yang harus diberikan ke anak dalam setting keluarga," ungkapnya.

Montessori sendiri merupakan metode pembelajaran untuk menstimulasi tumbuh kembang anak dalam segala aspek terutama pada aktivitas motorik. (MEY)

Posting Komentar