Agenda Presentasi Analisis Sosial dalam Kegiatan LDKM 2019 yang berlangsung pada Minggu (10/02)
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (12/10)-Konsep Analisis Sosial (ansos) dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) 2019 dengan tema “Revitalisasi Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa: Kritis, Ilmiah, dan Berkarakter” yang akan diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Kamis-Minggu (10-14/10) mengalami perubahan.

Hal itu ditegaskan oleh Arsyil Nur Akbar selaku Ketua Panitia LDKM 2019 yang menyatakan bahwa analisis sosial tidak dihapuskan, hanya saja mengalami perubahan yaitu ditiadakannya turun lapangan.

Arsyil mengungkapkan bahwa perubahan konsep ansos ini disebabkan adanya kurikulum baru dan peserta LDKM 2019 belum memiliki teori mengenai langkah-langkah untuk melakukan ansos. “Makanya tidak dilakukan turun langsung ke lapangan. Kita berikan dulu pemahaman,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini juga menjelaskan tentang bentuk perubahan ansos yang dikonsep langsung oleh divisi acara. Kali ini, muatan yang ada dalam ansos digantikan dengan pemberian masalah yang kemudian dianalisis secara berkelompok. “Masalah yang ada kemudian bersama teman kelompoknya dia analisis bagaimana apa masalahnya,” jelasnya.

Arsyil pun berharap agar keluaran peserta setelah mengikuti pengaderan ini, dapat mempertajam kemampuan berpikir kritis dan ilmiah mereka sehingga memiliki karakter dengan ciri khas tersendiri yang kemudian dapat mempunyai kompetensi untuk melakukan advokasi. “Bagaimana bisa memahami langkah-langkah untuk melakukan advokasi,“ imbuhnya. (022)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Posting Komentar