Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Fakultas Psikologi UNM yang dibawakan oleh Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE., MM. dengan tema "Optimalisasi Penyusunan Program Kreativitas Menuju Pimnas 2020" di Aula MTM FPsi UNM pada Sabtu (05/10).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (06/10)-Workshop Program Kerja Mahasiswa (PKM) dengan tema "Optimalisasi Penyusunan Program Kreativitas Menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2020" yang diadakan di Aula Moh. Thayeb Manrihu (MTM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu (05/10).

Setelah workshop sebelumnya mendatangkan Bakhrani A. Rauf selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Sultan Selaku Sekretaris Panitia Pimnas UNM, Workshop PKM kali ini menghadirkan Rifelly Dewi Astuti selaku Reviewer PKM Nasional.

Felly mengungkapkan bahwa PKM merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi individu, khususnya dalam bidang kreativitas dan inovasi. “Dan ini (baca: PKM) kebetulan adalah menjadi indikator untuk pemeringkatan perguruan tinggi di bidang kemahasiswaan," ungkapnya. 

Tidak hanya itu, Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas Indonesia (UI) ini juga menjelaskan bahwa Indonesia tidak dapat menggantungkan dirinya pada sumber daya alam, melainkan pada potensi anak bangsa yang akan memasuki kondisi bonus demografi pada tahun 2020-2030. Bonus demografi merupakan kondisi jumlah penduduk usia produktif, yaitu usia 15-64 tahun, lebih banyak daripada jumlah penduduk dengan usia non produktif, yaitu usia 65 ke atas pada suatu wilayah atau negara. Dikatakan sebagai bonus karena kondisi tersebut tidak terjadi secara terus menerus, melainkan hanya terjadi sekali dan tidak bertahan lama. "Bonus demografi tidak akan menjadi bonus jika anak mudanya tidak kreatif, inovatif, dan tidak punya daya saing dengan negara lain," ujarnya. 

Dan diakhir katanya, Felly memberikan motivasi kepada peserta workshop agar dapat mengikuti PKM Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) tahun depan. “Dan saya tunggu nih di kelas ini ada yang ikut PIMNAS tahun 2020," tutupnya. (CK)

Posting Komentar