Foto bersama mahasiswa Psikologi Kampus Gunungsari dengan mahasiswa Psikologi Kampus Parepare setelah sosialisasi Training Camp IX di Rumah Belajar Cinta Damai, Kota Parepare. Sabtu (02/03).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Kamis (21/11)-Mata kuliah eksperimen yang baru dapat diprogram pada semester 5 oleh mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) pertama kalinya diadakan di Kelas V Parepare. Mengingat Psikologi Kampus V Parepare dimulai dari angkatan 2017.

Namun, dalam penyelenggaraannya, terdapat kesulitan yang dialami oleh mahasiswa Kampus V Parepare.

Pujiardianti Wulandari, salah satu mahasiswa Psikologi Parepare yang mengampu mata kuliah eksperimen semester ini mengungkapkan bahwa fasilitas dan keadaan kampus tidak mendukung untuk menjalani mata kuliah eksperimen. "Pas mau praktikum pertama itu tiba-tiba diadakan hari Senin. Tiba-tiba dapat info disuruh bikin daster (baca: dasar teori) dengan waktu semalam," ungkapnya.

Selain itu, tidak adanya laboratorium membuat mahasiswa harus praktikum di kelas. "Keadaan kelas tidak nyaman dalam arti ribut juga dari luar dan kondisi ruangan yang panas untuk kelas psikologi," jelasnya.

Referensi buku untuk membuat laporan praktikum juga terbatas, sehingga mahasiswa yang mengambil mata kuliah eksperimen mencari referensi yang ada di internet. "Dibantu ji sama dosen cari kayak jurnal begitu," tambahnya.

Puji berharap mata kuliah eksperimen kedepannya memiliki jadwal yang lebih teratur lagi. "Dalam arti tidak tiba-tiba mau adakan praktikum begitu," tutupnya. (SS) 

Posting Komentar