Foto bersama peserta LDKM 2019
Sumber: Panitia Pubdok LDKM 2019

Psikogenesis, Minggu (17/11)-Mahasiswa baru (maba) biasanya tidak terlepas dari pengaderan, hal ini juga berlaku di Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang memiliki 3 jenis pendidikan dasar yaitu Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (Real), Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM), dan Psychology Camp (Psychocamp). 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa maba mempertanyakan tujuan diadakannya pendidikan dasar yang diselenggarakan setiap tahun ini.

Hernawati selaku Ketua Umum (Ketum) Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM menjelaskan bahwa, setiap pengaderan memiliki tujuannya masing-masing 

"Real, salah satu tujuannya yaitu untuk pengenalan lingkungan kampus dan dunia kemahasiswaan. LDKM tujuannya sebagai pengenalan dasar ideologi dan dasar advokasi. Psychocamp salah satu tujuannya untuk mengembangkan diri secara personal maupun kerjasama tim,” jelas mahasiswi dengan sapaan akrab Erna ini.

Lebih lanjut, Erna menambahkan bahwa pendidikan dasar diberlakukan sejak dibuatnya Undang-undang (UU) Pendidikan Tahun 2015. “Setelah ada Undang-undang pendidikan, pendidikan dasar untuk adik-adik mulai paten dan berlaku tiga pendidikan dasar yaitu, Real, LDKM, dan Psychocamp,” tambahnya. 

N yang merupakan salah satu mahasiswa angkatan 2014 mengaku ketiga pengaderan ini sangat penting terlebih untuk memudahkan mahasiswa mengenal lingkungan kampus khususnya FPsi UNM. "Setelah mengikuti 3 pendidikan dasar ini, mahasiswa baru dapat berproses dan mengetahui tentang bagaimana peraturan-peraturan yang ada di fakultas psikologi, dan juga sebagai proses perkenalan mahasiswa sesama angkatan, juga dengan kakak tingkatnya,” akunya. 

N mengungkapkan lebih lanjut, dengan mengikuti pendidikan dasar, maba dapat berkenalan dengan cara yang lebih terstruktur, karena di lakukan secara bertahap.

"Pengenalannya lebih terstruktur contohnya saat mahasiswa baru melalui proses Real, mahasiswa baru di perkenalkan bagaimana itu lingkungan psikologi, dan pendidikan kedua itu ada LDKM, dan Psychocamp, itu artinya tahap pengenalan untuk mahasiswa baru lebih terstruktur,” ungkapnya (01)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Posting Komentar