Ilustrasi poin D
Sumber: google.com

Psikogenesis, Jumat (15/11)- Salah seorang mahasiswa memotret soal kuis mata kuliah Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) pada Senin (29/10).

Imbas kejadian tersebut, terjadi penurunan grade poin kuis seluruh mahasiswa yang tengah mengambil mata kuliah tersebut.

F yang merupakan mahasiswa angkatan 2017 ini mengaku merasa dirugikan dengan adanya penurunan nilai kuis ini. “Karena hal ini kan satu orang yang melakukan tapi saya yang kena, nilai saya juga turun satu grade, misalnya nilaiku B, turun satu grade jadi C, jadinya itu kebijakan dosen malah merugikan ke saya ki," akunya.

Senada dengan hal tersebut, Alan selaku Koordinator PIO kelas D mengungkapkan kekesalannya karena konsekuensi penurunan nilai satu grade secara serentak ini tidak ada di kontrak kuliah sebelumnya. “Kata pertama pakbal, karena tidak dikasih tau ki dulu sebelumnya bahwa konsekuensinya begini, meskipun ada mi larangan lah sebelumnya kalau tidak boleh foto soal kuis cuman karena bandel, begitu lah," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Iradat Rayhan Sofyan selaku salah satu Dosen pengampu mata kuliah PIO mengatakan bahwa hal ini menjadi kejahatan luar biasa. “Kita sampai tidak kepikiran bisa-bisanya mahasiswa begitu di depan dosennya dia foto, sampai digep, sampai betul-betul diperiksa dia hpnya dia nda mengaku, sampai betul-betul diliat ternyata ada dan sudah tershare di grup, itu kan menjadi hal-hal yang extraordinary di dunia akademik," cecarnya.

Lebih lanjut, Iradat mengatakan bahwa perilaku seperti ini bisa menjadi pembelajaran bersama. “Harapannya sih, tidak ada lagi yang seperti itu dan bisa menjadi pembelajaran bersama, dengan adanya punishment seperti ini artinya bukan cuma jadi kesadaran individu saja,” tandasnya. (IRD)

Posting Komentar