Fakultas Psikologi UNM tampak dari depan
Sumber: Dok. Pribadi Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (16/11)-Mahasiswa baru (maba) 2019 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) mempertanyakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dikeluarkan dengan keadaan fakultas yang masih perlu perbaikan, serta penambahan sarana dan prasarana.

Hal tersebut disampaikan oleh AF selaku maba 2019. Ia menganggap bahwa fasilitas yang telah ada sebenarnya sudah lebih bagus dari fakultas lainnya, akan tetapi masih ada banyak kekurangan yang ditemukan. Keluhannya tersebut seputar AC (baca: Air Conditioner) yang tidak berfungsi dengan baik di ruangan BB 105, jumlah stop kontak yang sedikit, kabel LCD (baca: Light Crystal Display) yang rusak sehingga menghambat presentasi, ruang kelas yang sedikit, musala yang tidak layak, dan terakhir terkait WC (baca: Water Closet) yang airnya tidak mengalir dengan baik. "Sebenarnya kemana UKT?," ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Lukman selaku Wakil Dekan II (WD II) Bidang Sarana dan Prasarana FPsi UNM mengungkapkan bahwa tidak akan ada penambahan ataupun pengurangan pada prasarana, yang ada hanya perbaikan. “Kalau penambahan volume jelas tidak di ruang kelas, musala, ataupun WC. Tapi kalau WC akan dilakukan perbaikan dengan mengubah instalasi,” ungkapnya.

Lukman juga menuturkan, akan ada penambahan sarana yang dibutuhkan FPsi UNM dan fasilitas yang mengalami kerusakan akan segera diganti dengan yang baru. “AC di ruangan BB 105 rusak total, dan ada sekitar 15 AC akan dibeli oleh pihak fakultas, kabel LCD yang rusak akan diganti, dan sarana yang rusak ataupun kurang seperti stop kontak dan spidol akan ditambah dan diganti,” tuturnya.

Lukman juga menjawab keresahan maba mengenai larinya UKT dengan menjelaskan terkait pengelolaan UKT itu sendiri.

"UKT itu tidak mirip dengan uang tabungan, ketika UKT masuk misalnya, 1 milyar lalu UKT ditanyalah oleh pihak universitas, uang itu mau diapakan? Jadi caranya fakultas melakukan perencanaan diminta seluruh unit fakultas mulai dari jurusan program studi, kepala lab, bidang sarana dan prasarana, bidang kemahasiswaan, dan sebagainya. Kebutuhan yang akan diadakan tahun ini, akan dimasukkan kedalam perencanaan itu,” tutupnya. (30)

*Berita ini ditulis oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Posting Komentar