Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berlangsung di Aula MTM FPsi UNM, Rabu (20/11).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (26/11)-Musyawarah Besar (mubes) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) diundur hingga pekan kedua Desember pada Jumat-Minggu (13-15/12). Mubes ditunda akibat kurangnya waktu persiapan dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu). 

Hernawati selaku Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM, bahwa pelaksanaan mubes Kema diundur akibat pihak KPU yang belum merampungkan pelaksanaan pemilu.
"Pelaksanaan pemilu dari KPU sendiri itu tidak rampung kalau di pekan pertama (Baca: Pelaksanaan Mubes)," jelasnya. 

Hernawati menyebutkan bahwa pekerjaan KPU yang belum rampung disebabkan oleh keterlambatan pihak Maperwa dalam menyusun kepanitiaan KPU. "Karena Maperwa yang lambat untuk mulai pelaksanaan KPU, kan yang bentuk ini KPU, Maperwa," akunya.

Hal senada disampaikan oleh Muhammad Wahyu selaku Ketua KPU,  bahwa waktu yang diberikan tidak cukup untuk melakukan persiapan pemilu. "Sebenarnya, ketidaksiapan bukan langsung dari KPU, karena waktu yang diberikan ke KPU itu estimasinya dua minggu, bukan dua minggu sih, kurang dari dua minggu kemarin itu," ungkapnya. 

Wahyu juga mengungkapkan bahwa hingga hari ini (26/11), belum ada satu peserta pun yang memasukkan berkas kepada pihak KPU. "Sebenarnya kami hanya membatasi sampai jam 4, tapi karena tidak ada, ya kami batasi sampai jam 12," ungkapnya. 

Ketika ditanyai soal tidak adanya peserta pemilu, Wahyu mengatakan akan memberikan perpanjangan waktu kembali hingga satu hari kedepan, yakni Rabu (27/11). Ia pun menjelaskan bahwa konsekuensi yang harus diterima adalah dengan memaksimalkan proses screening selama satu hari agar tidak menghambat agenda berikutnya. "Semisal sampai hari ini (baca: Selasa, 26/11) tidak ada yang mendaftar, kita majukan sampai satu hari, konsekuensinya adalah waktu screening untuk presmanya kita potong," tuturnya. 

Lebih jauh Hernawati berharap agar mubes dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Ia pun mengharapkan agar agenda mubes yang dilaksanakan dapat menghasilkan pemimpin baru di kema FPsi UNM. "Semoga mubes kema berjalan sesuai yang diagendakan, kemudian dari mubes kema ini nanti lahir pemimpin-pemimpin baru," tutupnya. (ZN)

Posting Komentar