Expo Bermain dengan tema "Lestarikan Ruang Bermain Nusantara" oleh Mahasiswa FPsi UNM yang berlangsung di Pelataran Gedung Menara Pinisi UNM, Ahad (15/12).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (15/12)-Expo bermain yang diselengggarakan oleh Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) dan bertempat di Pelataran Menara Pinisi UNM pada Minggu (15/12). Expo bermain ini diselenggarakan sebagai pemenuhan tugas salah satu mata kuliah, yaitu Psikologi Bermain yang bertemakan "Lestarikan Ruang bermain Nusantara."

Anugrana Nurhizza Lologau, sebagai Ketua Panitia Expo Bermain menjelaskan bahwa alasan memilih tema "Lestarikan Ruang Bermain Nusantara" karena ingin lebih memperkenalkan permainan-permaianan tradisional kepada anak-anak. Ia juga menambahkan bahwa yang menyelenggarakan kegiatan ini ialah mahasiswa(i) FPsi UNM yang mengambil mata kuliah Psikologi Bermain. "Ada ji juga yang tidak ambil psikologi bermain dan dia ditempatkan sebagai volunteer di kegiatan ini," jelasnya.

Kegiatan expo bermain ini juga menyediakan berbagai macam permainan tradisional yang berjumlah kurang lebih 21 macam permainan, yaitu dende, ma'bo, bandos, dan lain sebagainya. 

Wanita yang kerap kali dipanggil Sasa ini berharap, ketika kegiatan ini telah selesai dilaksanakan dapat menjadi pengalaman yang menarik bagi anak-anak yang telah hadir di expo bermain tersebut. "Harapanku semoga ini anak-anak yang datang ke expo bisa dijadikan ini kegiatan sebagai pengalamannya untuk lebih kenal permainan tradisional," ujarnya.

Salah satu orangtua yang hadir dalam kegiatan expo bermain ini menuturkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anaknya. "Kebetulan anak-anak saya ini butuh tempat yang menyediakan permainan tradisional karena selama ini mainannya cuma gadget, jadi saya mau kasih kenal permainan tradisional itu seperti apa," tuturnya.

Ia berharap agar anak-anaknya tidak lagi ketergantungan terhadap gadget. "Harapannya ya semoga anak saya tidak kecanduan main gadget lagi, dan lebih mengenal permainan tradisional," harapnya. (WY)

Posting Komentar