Peserta dari Universitas Dian Nuswantoro

Generasi Baru Indonesia Komisariat Universitas Negeri Makassar (GenBI Komisariat UNM) telah mengadakan kegiatan Economic Forum and National Essay Competition (EFORNEC) 2019 yang dilaksanakan pada Minggu (08/12) di Hotel Lamacca, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adapun peserta dalam lomba essai adalah, Universitas Ahmad Dahlan dari Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro dari Semarang, Institusi Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, serta Universitas Hasanuddin dari Makassar. Dan untuk selanjutnya, karya-karya dari para peserta ini akan disatukan.

Selanjutnya, juri dalam kegiatan lomba essai berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dosen Ahli dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, Alumni Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang ahli di bidang penulisan, alumni GenBI yang ahli dibidang penulisan, serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sulsel.

Affandi (Alumni LPDP yang ahli dibidang penulisan) 

Selanjutnya, setelah presentasi lomba essai nasional kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Economic Forum yang bertajuk “Kemunduran Ekonomi Maritim, Sulawesi Selatan di Masa Depan dan Tantangan Mengembalikan Kejayaan”. Kegiatan Talkshow ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNM, yaitu Muhammad Azis. Adapun pembicara dalam kegiatan Talkshow antara Murhama dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ketua Program Studi (Prodi) Magister Manajemen Program Pascasarjana (PPs) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar serta Duta Maritim Indonesia 2017, Koordinator Paguyuban Putrera-Puteri Maritim Sulsel. 

Moderator dan Narasumber Talkshow

“Intinya kita harus mengetahui manfaat mengapa ekonomi maritim itu dapat menciptakan lapangan kerja da nada nilai tambah didalamnya. Kemudian peningkatan dan bagaimana stakeholder mewujudkan hal tersebut," ujar Ibu Murhama.

Selanjutnya, setelah kegiatan Talkshow selesai dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba essai. Adapun juara-juaranya adalah juara pertama dari Universitas Ahmad Dahlan, juara kedua dari IPB University, dan juara ketiga dari UIN Alauddin Makassar.

“Kesannya ini panitianya baik-baik banget gitu. Diurusi dari bandara sampai ke sini, terus kita bener-bener nggak ditelantarin gitu, bener-bener diurusin banget. Seneng banget bisa ke sini, bisa ke Makassar apalagi pertama kalinya kan. Sarannya kalau bisa dijadiin rutinitas untuk tahun kedepannya, soalnya inikan berdampak positif bagi mahasiswa," ujar finalis dari IPB University.

Posting Komentar