Fasilitas kampus merupakan sarana dan prasarana yang digunakan oleh mahasiswa dalam menjalankan aktivitas perkuliahan. Berdasarkan dari 33 responden terkait survei kepuasan fasilitas kampus V Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menunjukkan bahwa:


Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat dilihat  bahwa responden memilih sangat tidak puas sebanyak 49%, tidak puas sebanyak 39%, dan puas sebanyak 12% terhadap ketidakpuasan fasilitas pada kampus V FPsi UNM.


Berdasarkan hasil analisis diatas, dapat dilihat bahwa alasan responden memilih jawaban tersebut karena tidak puas terhadap fasilitas seperti Air Conditioner (AC) sebanyak 48%, ruang kelas sebanyak 24%, perpustakaan sebanyak 6%, Liquid Crystal Display (LCD) sebanyak 6%, toilet sebanyak 6%, lab dan alat tes sebanyak 6%, serta ketidakpuasan terhadap jadwal sebanyak 3%.


Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat dilihat bahwa sarana dan prasarana perkuliahan tidak sesuai dengan UKT, dimana responden memilih sangat tidak setuju sebanyak 70% dan tidak setuju sebanyak 30%.



Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat dilihat bahwa alasan responden memilih jawaban tidak puas terhadap sarana dan prasarana karena sangat tidak sesuai sebanyak 52% dan tidak sesuai sebanyak 48% terhadap kesesuaian sarana dan prasarana dengan UKT yang dibayarkan responden.


Berdasarkan hasil analisis diatas, saran dan harapan untuk fasilitas kelas kampus V FPsi UNM, yaitu perbaikan fasilitas sebanyak 61%, menepati janji sebanyak 36%, dan memperhatikan kebersihan sebanyak 3%.

*Riset ini dilakukan oleh Peserta Magang Diklat Jurnalistik XII LPM Psikogenesis

Posting Komentar