Pamflet Kegiatan Seminar dan Workshop Nasional APPI
Sumber: Dok. APPI Sulawesi

Psikogenesis, Selasa (25/02)–Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) akan mengadakan seminar dan workshop nasional bertema Merancang Sekolah yang Menyenangkan Di Era 5.0. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Gedung Theater Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Sabtu (21/03). 

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perkenalan dan pelantikan pengurus Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Sulawesi Periode 2020–2024 yang kemudian dirangkaikan dengan seminar dan workshop nasional. 

“Dalam rangkaian pelantikan pengurus APPI nanti tanggal 21 maret itu akan kami rangkaikan dengan dua kegiatan luar biasa sebagai pengenalan adanya APPI di Sulawesi,” ungkap Eva Meizara Puspita Dewi selaku Ketua APPI Sulawesi saat ditemui.

Kegiatan yang menyasar mahasiswa, pendidik, dan pemerhati pendidikan ini mendatangkan narasumber-narasumber yang berkompeten di bidang pendidikan. Diantaranya, Dr. Weny Savitry S. Pandia, M.Si., Psikolog selaku Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Pusat, Prof. Muhammaf Jufri S.SPsi., M.Si yang juga merupakan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar, serta Dr. M. Harwanti Siregar seorang Konsultan Pendidikan yang juga merupakan Founder sekolah percontohan di Indonesia. Dalam workshop yang akan dilakukan, kegiatan ini turut menghadirkan Sri Wahyuningrum yang merupakan Direktur Co-Learning Puri Semesta Center dan Leader Komunitas Ibu Profesional 2019-2020. 

“Kegiatan ini dikhususkan bagi mereka yang minat di bidang pendidikan, yang ambil psikologi pendidikan dan school well-being karena inilah mata kuliah praktisnya, karena dikelas kita kebanyakan hanya teoritis,” ujar Eva.

Eva selaku ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Sulawesi mengaku optimis akan manfaat kegiatan yang akan dilaksanakan.“Narasumber yang saya hadirkan sangat inspiratif dan saya yakin bahwa peserta akan banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari beliau-beliau (baca: pemateri),” ujarnya. 

Sementara itu Eva menjelaskan bahwa biaya registrasi kegiatan seminar nasional dibanderol dengan harga Rp 175.000 untuk pendaftaran sebelum 1 Maret 2020. Sedangkan untuk kegiatan workshop nasional sebesar Rp 300.000. 

“Untuk yang membayar include seminar dan workshop itu cukup membayar Rp 400.000 di bulan Februari tapi ketika sudah masuk bulan Maret itu sudah Rp 500.000," jelasnya.


Eva juga mengungkapkan rasa senang terhadap banyaknya respon positif terkait kegiatan tersebut. “Setelah kita share hal ini ternyata banyak yang suka Psikologi pendidikan yang kemudian kontak saya ingin bergabung” ucapnya saat ditemui.

Salah satu dosen di Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar ini pun berharap agar masyarakat dapat mengenal Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia lebih dalam. “Saya berharap banyak agar masyarakat mengenal Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia dan memanfaatkan kegiatan-kegiatan dan SDM yang ada didalamnya,” tutupnya. (ARD)

Posting Komentar