Ilustrasi perkuliahan sistem daring
Sumber: google.com
Psikogenesis, Jumat (20/03)-Perkuliahan secara daring yang mulai diterapkan oleh Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) sejak Selasa (17/03) kemarin menuai keluhan mahasiswa (baca: Mahasiswa FPsi Keluhkan Kuliah Sistem Daring). Namun, tak hanya mahasiswa, dosen FPsi UNM pun turut angkat bicara terkait kesiapan dosen dalam melaksanakan kuliah daring.

Abdul Rahmat, salah satu dosen FPsi UNM mengeluhkan proses belajar mengajar yang dilakukan secara daring. Menurutnya, metode daring belum siap untuk diberlakukan karena perbedaan metode yang diberikan oleh tiap dosen. Dosen pengampu mata kuliah Modifikasi Perilaku ini menyarankan agar ada penyeragaman metode yang digunakan dalam kuliah daring, sehingga mahasiswa pun tidak ikut bingung. 

“Nah ini kan kita terkesan belum siap sebenarnya untuk kuliah daring karena situasinya jadi banyak orang jadi kalang kabut,” ujarnya. 

Selain itu, dosen yang kerap disapa Maro ini menjelaskan bahwa efektivitas kuliah daring belum dapat diukur. Ia menjelaskan bahwa efektivitas kuliah daring bergantung pada metode penyampaian materi yang digunakan. 

“Belum bisa diukur kemampuannya dalam memfasilitasi dosen untuk bagi ilmu dengan mahasiswa,” jelasnya. 

Perdana Kusuma yang juga salah satu dosen aktif FPsi UNM memberi tanggapan lain. Ia mengungkapkan bahwa kuliah daring akan efektif apabila sarana dan prasarana dapat tersedia terutama terkait dengan stabilitas jaringan nirkabel.

“Kuliah daring itu bisa efektif jika sarana dan prasana tersedia. Selama ini kan kendala itu,” ungkapnya. 

Dana pun berharap adanya fasilitas yang mewadahi proses perkuliahan daring dapat dengan mudah diakses baik oleh mahasiswa maupun dosen. 

“Harapannya ke depan begitu diperbaiki kalau tetap bakal dilakukan tapi kalau mau harapan utamanya segera berhenti dan kuliah tatap muka lagi,” ungkap dosen pengampu mata kuliah Psikologi Komunikasi ini.

Lebih jauh, Maro juga menyarankan agar semua kampus dapat menyiapkan sejak awal metode-metode daring yang akan dilakukan ketika dalam situasi tertentu.

"Mungkin bisa kasus ini jadi masukan untuk semua kampus untuk menyiapkan memang dari awal metode daring," jelasnya. (MEOW)

Posting Komentar