Haslina, Mahasiswa Pertama yang Lakukan Ujian Proposal secara online
sumber: Dok. Pribadi Haslina
Psikogenesis, Jumat (20/03)-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Ujian Proposal (upro) secara online kepada Haslina, salah satu mahasiswa FPsi UNM angkatan 2016 pada Kamis (19/03) kemarin.

Dalam ujian tersebut, mahasiswa yang akrab disapa Lina, diuji oleh lima dosen diantaranya, Haerani Nur, Lukman, Nur Fitriany Fakhri, Widyastuti, dan Ahmad Ridfah dengan judul penelitian “Efektivitas Intervensi Guided Imaginary dalam Meningkatkan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM." 

Lina mengungkapkan bahwa sebelumnya, dosen telah menginformasikan bahwa ujian proposal selanjutnya kemungkinan besar akan dilaksanakan secara online, hingga akhirnya diputuskan kemarin bahwa yang ujian proposal hari Kamis (19/03) akan dilakukan secara online.

“Sebenarnya dari hari Selasa itu sudah ada berita dari dosen kalau upro selanjutnya kemungkinan besarnya itu secara online. Dan diputuskannya itu kemarin pi baru diinfokan kalau yang upro hari Kamis akan secara online,” ungkapnya. 

Lina menerangkan bahwa mekanisme upro yang dilakukan kurang lebih sama dengan upro seperti biasanya, hanya saja kali ini dilakukan secara online, tepatnya melalui aplikasi Whatsapp

“Mekanismenya sebenarnya sama ji seperti proposal biasa aturannya, yang membedakan yah hanya lewat media secara online, via grup whatsapp,” terangnya.

Selain itu, mahasiswa angkatan 2016 ini juga menyatakan bahwa upro yang dilaksanakan mulai pukul 10.03 WITA hingga 11.34 WITA, tidak menemui gangguan teknis, sehingga ujian berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah tidak ada ji gangguan, lancar ji tadi,” ujarnya. 

Lina juga berpendapat bahwa dalam keadaan seperti ini, upro yang dilakukan secara online bersifat efektif karena semua prosedur dan aturan dalam ujian proposal biasa dan online tidak memiliki perbedaan. 

“Kalau menurutku saya dalam keadaan seperti ini efektif ji, karena semua prosedur dan aturan dalam ujian proposal biasa sama ji yang dilakukan pada saat online tadi,"
tuturnya. (DAL)

Posting Komentar