Flyer konsultasi online gratis PLP FPsi UNM
Sumber: PLP FPsi UNM
Psikogenesis, Sabtu (18/04)-Pusat Layanan Psikologi (PLP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka program konsultasi daring gratis yang ditujukan untuk masyarakat umum ditengah wabah Coronavirus Disease (COVID-19). 

Dian Novita Siswanti selaku ketua PLP FPsi UNM menjelaskan bahwa program konsultasi daring ini merupakan program yang dijalankan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dukungan dan solusi dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi akibat wabah COVID-19.

“Kejadian munculnya wabah ini, membuat banyak orang merasa harus melakukan banyak perubahan dalam hidup dan aktivitas sehari-sehari. Perubahan-perubahan tersebut sedikit banyak dapat berdampak terhadap keseimbangan, kenyamanan dan kesejahteraan psikologis individu,” jelasnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Dosen FPsi yang akrab disapa Dian ini pun mengungkapkan bahwa program konsultasi online ini baru saja dibuka dan masih dalam tahap sosialisasi untuk melihat respon masyarakat terkait program ini.

“Baru jalan dan sementara proses sosialisasi. Kita (baca: PLP) masih melihat respon masyarakat. Semoga dapat direspon positif dan dimanfaatkan masyarakat dengan baik,” ungkapnya.

Dian juga menerangkan bahwa program ini ditujukan untuk masyarakat umum yang tedampak wabah COVID-19 dengan diberikan konsultasi berupa tindakan preventif dan rehabilitatif. Untuk bidang konsultasinya pun terbagi atas empat bidang, sesuai dengan kebutuhan klien. Bidang-bidang tersebut yakni bidang industri dan organisasi, bidang pendidikan dan perkembangan, bidang sosial, komunikasi, agama, dan klinis.

“Mungkin ada klien yang punya masalah berkaitan dengan mengelola perilaku anaknya di rumah selama school from home (SFH), maka bisa mencoba menghubungi bidang perkembangan dan pendidikan, atau mungkin mengalami kecemasan-kecemasan terkait berubahnya kebiasaan dan aktivitas pasca mewabahnya corona, sampai mengganggu kenyamanan psikologis, atau bagaimana mengelola pekerjaan yg biasa dilakukan di kantor,” terangnya lagi.

Dian juga menambahkan bahwa program konsultasi online ini mekanismenya sangatlah mudah dan tidak ada persyaratan tertentu untuk berkonsultasi. Klien dapat langsung menghubungi contact person yang tertera pada flyer dan akan diberi pelayanan sesuai dengan kebutuhan klien. 

“Dan karena ini juga niat dan motivasinya semata untuk membantu masyarakat, apalagi dalam kondisi seperti saat ini, wabah corona, maka tidak ada persyaratan khusus klien dalam berkonsultasi,” tambahnya.

Berkaitan dengan program ini, Dian berharap agar pihak FPsi UNM bisa lebih banyak berperan di tengah-tengah masyarakat yang sedang menghadapi wabah COVID-19, sehingga dapat saling menguatkan satu sama lain.

“Harapannya, Fakultas Psikologi UNM bisa lebih banyak berperan positif dalam bidangnya di tengah masyarakat yang sedang sama-sama menghadapi dan terdampak wabah corona ini,” harapnya. (UWU)

Posting Komentar