Halalbihalal dalam rangka Harla ke 20 Fakultas Psikologi UNM yang berlangsung melalui Zoom Cloud Meeting, Selasa (26/05).
Smber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Rabu (27/05)- Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) merayakan hari lahir (harla) yang ke-20 tahun secara daring pada Selasa (26/05) kemarin melalui Zoom Cloud Meeting. Harla pertama yang dilaksanakan secara daring ini dirangkaikan dengan kegiatan halalbihalal.

Dalam sambutan yang diberikan, Muhammad Jufri selaku Dekan FPsi UNM mengungkapkan bahwa perayaan harla ke-20 ini telah direncanakan sejak lama oleh panitia penyelenggara dan telah menyiapkan beberapa rangkaian acara lainnya.

“Mengingat, kondisi (baca: Pandemi) yang sedang kita hadapi, maka perayaan ini hanya bisa kita lakukan dalam wujud sederhana,” ungkapnya.

Jufri juga menuturkan bahwa nantinya pada hari kamis (28/05) akan diadakan talkshow sebagai bagian dari rangkaian acara harla ini. Talkshow dengan mengangkat tema "Menata Emosi dan Pikiran Menghadapi Dinamika Tantangan di Masa Pandemi" diharapkan Jufri dapat dihadiri oleh Rektor UNM untuk memberikan sambutan dan membuka talkshow tersebut.

“Insyaallah juga pada acara tersebut pak Rektor berkenan untuk memberikan sambutan dan membuka acara kita, terima kasih bapak rektor,” harapnya.

Dekan FPsi UNM yang memasuki periode keduanya ini pun menambahkan bahwa kemajuan FPsi tidak terlepas dari dukungan yang luar biasa dari pimpinan universitas.

“Bapak Rektor selalu memberikan perhatian untuk kemajuan FPsi kita, insyaallah pada kepemimpinan periode kedua ini semakin kuat dan tinggi perhatiannya,” tambahnya.

Di usia FPsi yang ke-20 ini Jufri pun mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik diantara seluruh warga FPsi, pimpinan, staf akademik, mahasiswa dan juga para alumni.

“Kita saling bekerja sama dan bersinergi mudah-mudahan fakultas kita dapat semakin baik kedepannya,” harapnya.

Husain Syam selaku Rektor UNM yang turut menghadiri kegiatan ini pun turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Husain mengungkapkan kebahagiaannya karena tak terasa FPsi telah mencapai usia ke 20 tahun.

“Saya kira ini sudah masuk kategori remaja masuk dewasa, bisa menentukan mana yang baik dan mana yang tidak,” ujarnya.

Husain Syam pun menjelaskan secara usia, lembaga FPsi dalam posisi yang sudah matang. Kematangan itu diperlihatkan dengan banyaknya pencapaian yang ditorehkan oleh FPsi UNM.

“Sudah ada yang berubah status menjadi dosen, berubah status jadi doktor,” jelasnya.

Rektor UNM ini juga memaparkan bahwa keberhasilan FPsi tidak dapat dipisahkan dari peran seluruh civitas akademika UNM. Keberhasilan tersebutlah yang membuat FPsi UNM masih menjadi yang terbaik di Indonesia Timur.

“Keberhasilan itu dikarenakan tangan dingin dan pikiran cerdas bapak dan ibu (baca: dosen FPsi) semua,” paparnya.

Lebih jauh, Husain menambahkan bahwa puncak dari keberhasilan Fakultas Psikologi saat ini berada di dua periode kepimipinan terbaru yang merupakan kepemimpinan Muhammad Jufri.

“Sejak lima-enam tahun yang lalu semakin menunjukan kualitasnya, baik dari sisi pengelolaan, pelayanan juga dari sisi kuantitasnya,” tambahnya.

Tak lupa, Husain juga mengapresiasi banyaknya tenaga pengajar yang masih berkemauan dan bersedia mengabdikan diri untuk memajukan FPsi.

“Tentu menjadi catatan bagi kita semua atas jerih payahnya memajukan FPsi,” imbuhnya.

Husain pun mengharapkan FPsi di usia yang ke-20 tahun dapat mencoba semakin menghadirkan rasa kepercayaan masyarakat dan melahirkan lebih banyak pengajar bergelar doktor.

“Hari ini sudah dipercaya oleh masyarakat secara meluas bahwa psikologi memiliki banyak tenaga handal,” harapnya. (BLU)

Posting Komentar