Lobby Laboratorium Fakultas Psikologi UNM
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis
Psikogenesis, Sabtu (02/05)-Perkuliahan dalam jaringan (daring) yang diperpanjang hingga akhir semester membuat pihak Laboratorium Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) memutuskan untuk tidak melanjutkan kegiatan praktikum pada mahasiswa FPsi UNM. 

Asmulyani Asri selaku Ketua Laboratium FPsi UNM mengungkapkan bahwa kegiatan praktikum mahasiswa FPsi UNM tidak dapat dilanjutkan lagi setelah sebelumnya diputuskan untuk ditunda akibat penerapan kebijakan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH). 

“Kami sepakat pagi ini (baca: Kamis), kalau kegiatan praktikum tidak dilanjutkan lagi,” ungkapnya ketika dihubungi melalui Whatsapp.

Dosen yang kerap disapa Asmul ini menjelaskan bahwa alasan ditiadakannya kegiatan praktikum karena kondisi yang saat ini belum stabil untuk melakukan kegiatan praktikum pada mahasiswa FPsi UNM. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan praktikum akan dialihkan menjadi tugas sesuai dengan mata kuliah dan dosen pengampu masing-masing. 

“Sehingga untuk praktikum akan dialihkan ke tugas terkait alat tes yang belum sempat dipraktikumkan,” ujarnya. 

Dosen Analisis Kebutuhan dan Rancangan Pelatihan ini juga menerangkan bahwa pihak laboratorium FPsi UNM tidak dapat memaksakan kegiatan praktikum dilakukan karena melihat kondisi yang saat ini. Ia juga mengungkapkan bahwa standar capaian pembelajaran yang telah disusun sebelumnya akan mengalami perubahan. 

“Standar pasti akan mengalami perubahan karena kita juga harus bisa berlapang dada tidak memaksakan standar yang ada disebabkan kondisi ini,” jelasnya. 

Menanggapi hal ini, Asmul berharap agar kondisi saat ini dapat segera membaik dan dapat kembali menjalankan rutinitas seperti biasanya. 

“Kembali bersilaturahmi dengan lingkungan sosial, sehingga kita bisa berkarya lebih optimal,” harapnya. (MEOW)

Posting Komentar