Science and Technology Index (Sinta)
Sumber: google.com
Psikogenesis, Kamis (02/07)-Alumnus dan mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam satu tim peneliti berhasil meloloskan jurnal penelitian mereka di Science and Technology Index (Sinta) 3 yang terbit pada Selasa (30/06) lalu. 

Jurnal berjudul "The Mediating Effect of Motivation and Competitive Experience Variables on The Effect of Mental Toughness and Competitive Anxiety on Athletes" ini digarap oleh alumnus FPsi UNM yaitu Dwi Yan Nugraha ditemani oleh mahasiswa FPsi UNM, Randy S. Salman, Bambang Pratama J., Muhammad Gilang Al Fayed, Aidil Ikhram, Muhammad Irfan B. Tim ini juga melibatkan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Fadila Khumaera Ridwan., dan mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos), Nurlifiana S. 

Dwi menjelaskan bahwa proses penggarapan hingga terbitnya penelitian berakreditasi Sinta 3 ini menempuh proses yang cukup panjang. Mulai dari pematangan konsep hingga langkah-langkah penelitian seperti, mencari literatur, mencari skala untuk variabel yang akan diukur, mencari responden, dan melakukan analisis data. Penelitian tersebut kemudian berhasil diselesaikan pada April lalu. 

“Kebetulan di bulan yang sama telah di buka penerbitan artikel untuk edisi Juni di Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. Jurnal ini telah terakreditasi Sinta 3,” jelasnya.

Setelah mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan jurnal, Dwi Yan mengungkapkan bahwa pada Jumat (15/05) lalu, ia mendapatkan surat penerimaan terkait dengan penelitian yang telah ia kirimkan sebelumnya. Penelitian ini kemudian melewati tahap revisi. 

“Namun Alhamdulillah hal itu kami bisa lewati dan pada akhirnya tanggal 23 Juni 2020 kami telah mendapatkan surat LoA (baca: Letter of Acceptance) tentang artikel kami akan di publikasikan untuk edisi Juni,” ungkapnya. 

Dalam tim tersebut, setiap anggota tim memiliki tugas masing-masing. Ada yang bertugas sebagai pembuat konsep penelitian, menyebar kuisioner, hingga pengolahan data hasil penelitian. 

“Nah, untuk merancang dan membuat konsep penelitian itu yang membuat saya sendiri, Randi dan Bambang. Terus untuk sebar quisioner itu Gilang, Aidil dan Irfan. Untuk analisis data itu saya beserta teman dari UI dan Bososwa,” terangnya.

Alumnus FPsi UNM ini juga mengungkapkan rasa senang dan bangganya karena ini merupakan jurnal pertamanya yang diterbitkan bersama komunitas basecamp 57. 

"Sehingga mereka (baca: anggota tim peneliti) semakin semangat untuk membuat dan merancang konsep penelitian berikutnya untuk dipublikasikan ke jurnal yang lebih tinggi akreditasinya,” ungkapnya.

Lebih jauh, Dwi mengharapkan agar penelitian seperti ini dapat diwadahi oleh pihak fakultas. Menurutnya, penelitian merupakan hal yang sangat penting bagi semua bidang keilmuan khususnya psikologi. 

“Mahasiswa Psikologi seharusnya bisa membuat komunitas seperti ini (baca: pembuatan penelitian) mengingat tuntutan tugas dari dosen memerlukan kemampuan bagi mahasiswa untuk menyampaikan informasi dari jurnal yang mereka (baca: mahasiswa) baca, dan terkadang mahasiswa diberikan tugas untuk membuat mini riset dalam mata kuliah yang mereka program,” terangnya. 

Kemudian, ia juga menambahkan agar mahasiswa FPsi mempelajari riset sedini mungkin agar dapat membuat mahasiswa memiliki wawasan yang lebih terbuka sebagai bekal untuk menghadapi tugas akhir.

“Selain itu mempelajari riset sedini mungkin dapat membuat mahasiswa memiliki wawasan yang lebih terbuka,” tutupnya. (ZY)

Jurnal dapat diakses di link berikut:
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/38731/16329

Posting Komentar