Pelaksanaan UTBK seleksi jalur mandiri UNM yang berlangsung di Laboratorium FPsi UNM, Kamis (27/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis


Psikogenesis-Jumat (28/08)-Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama untuk seleksi jalur mandiri Universitas Negeri Makassar (UNM), Kamis (27/08) berlangsung dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. 

Salah satu lokasi ujian adalah Fakultas Psikologi (FPsi) UNM, tepatnya di ruangan laboratorium yang terletak di lantai 3 gedung BB FPsi UNM.

Lukman selaku salah satu penanggung jawab ruangan untuk pelaksanaan UTBK jalur mandiri di FPsi menerangkan bahwa pelaksanaan ujian akan dilakukan sebanyak dua gelombang dengan gelombang pertama akan berlangsung selama 3 hari, Kamis-Sabtu (27-29/08).

"Untuk pelaksanaan tesnya (baca: gelombang kedua) Saya belum tahu (baca: tanggal pelaksanaan)," ungkapnya. 

Untuk pelaksanaan UTBK gelombang pertama, Lukman menerangkan dalam satu hari terdapat empat sesi ujian. Setiap sesi terdiri atas 40 peserta yang dibagi menjadi dua kelas. 

“Jadi kita (baca: pelaksana UTBK) bagi dua, 20-20. Jadi satu kali jalan, satu ruangan 20 (baca: peserta ujian),” tuturnya.

Sementara itu, mengenai protokol kesehatan, Lukman menjelaskan bahwa protokol kesehatan tanggap Coronavirus Disease (COVID-19) tetap dilakukan, baik di dalam maupun di luar gedung FPsi UNM. Mulai dari berbaris terlebih dahulu sebelum memasuki gedung, cuci tangan, pengukuran suhu, hingga penerapan social distancing selama di dalam gedung. 

“Begitu sudah masuk waktunya (baca: jadwal pelaksanaan ujian), mereka (baca: peserta ujian) berbaris lalu disiapkan hand sanitizer dan hand wash, tapi sudah tidak ada lagi pengukuran suhu. Di setiap ruangan juga disiapkan tisu basah dan hand sanitizer model semprot,” jelasnya.

Lukman juga menambahkan bahwa peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius akan ditempatkan dalam ruangan khusus. 

“Kalau dia (baca: peserta ujian) lewat dari 37,5 (baca: derajat Celcius), dia disiapkan ruangan sendiri,” katanya. (P)

Posting Komentar