Sambutan Rektor UNM dalam peringatan Dies Natalis UNM ke 59, Selasa (04/08).
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Selasa (04/08)-Peringatan puncak Dies Natalis Universitas Negeri Makassar (UNM) ke 59 dengan tema “Transformasi Pendidikan dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju” telah dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan tanggap Coronavirus Disease (COVID-19) di Ballroom Theater Lantai 3 Menara Pinisi dengan disiarkan langsung melalui Zoom Cloud Meeting pada Selasa (04/08). 

Husain Syam selaku Rektor UNM dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan Dies Natalis ke 59 UNM tahun 2020 ini agak berbeda dari beberapa tahun sebelumnya dengan meminimalisir bahkan meniadakan beberapa acara yang pelaksanaannya memerlukan kontak fisik, pertemuan dengan banyak orang, dan berkumpul pada suatu tempat.

“Kalaupun ada dilakukan seperti Peringatan Puncak Dies Natalis yang dilakukan hari ini, dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan tanggap COVID-19. Hal ini dilakukan untuk membantu Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulsel (baca: Sulawesi Selatan), dan Pemerintah Kota Makasssar dalam memutus mata rantai penyebaran dan penanggulangan COVID-19,” ungkapnya.

Rektor UNM yang menjabat di periode kedua ini juga mengatakan bahwa semua kerja-kerja tidak boleh berhenti dengan alasan COVID-19 dan harus bertahan melangkah maju menuju tujuan yang telah dipatrikan.

“Semangat inilah yang harus dan terus ada,” tambahnya.

Lebih lanjut, Husain menjelaskan telah menyusun 70 program strategis untuk memastikan bahwa lembaga perguruan tinggi termasuk UNM bekerja sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

“Program strategis ini terbagi dalam tiga pilar yaitu Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Bidang Kelembagaan, dan Bidang Sumber Daya,” jelasnya.

Husain juga mengemukakan bahwa kerja sama dan kebersamaan menjadi faktor yang sangat penting yang dapat membuat pekerjaan berat dapat diselesaikan dengan mudah dan menjadikan semangat yang berlipat ganda serta selalu menghadirkan semangat baru.

“Maka pada periode 2020-2024 ini, kerja sama dan kebersamaan itulah yang saya jadikan roh dan spirit (baca: semangat) utama dalam mengemban amanah, dengan sebuah tekad satu untuk UNM, dan satu demi UNM,” pungkasnya.

Disisi lain, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menyampaikan harapannya dalam sambutannya agar terus berinovasi untuk beradaptasi dengan kondisi pandemik saat ini.

“Melihat realita sekarang, insyaallah sebentar lagi menuju ke new normal. Tapi kalau lihat kondisi sekarang sebenarnya ini sudah normal kembali,” harapnya. (ACIL)

Posting Komentar