Pamflet Coming Soon REAL 2020
Sumber: Panitia Publikasi dan Dokumentasi REAL 2020

Psikogenesis, Jumat (28/08)-Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) siap menggelar Orientasi Kemahasiswaan dan Kelembagaan (REAL) 2020 secara daring pada Kamis-Minggu (17-20/09) mendatang. 

Arifah Amalia selaku Menteri Pendidikan dan Pelatihan (Mendiklat) BEM Kema FPsi UNM mengungkapkan bahwa panitia setiap divisi telah melakukan rapat dan akan mengadakan rapat besar perdana pada pekan ini. 

“Baru sudah rapat per divisi. Pekan ini akan diadakan rapat besar perdana,” ungkapnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Dalam matriks Kema FPsi UNM yang telah ditetapkan sebelumnya, REAL 2020 seharusnya diadakan pada Kamis-Minggu (20-23/08) lalu. Namun, agenda ini kemudian diundur dikarenakan Mahasiswa baru (Maba) 2020 yang baru dijadwalkan masuk kuliah pada bulan September. 

“Dipindahkan karena Maba 2020 ternyata September baru masuk kampus,” jelasnya. 

Keterlambatan ini kemudian turut mengakibatkan jadwal kegiatan lembaga di Kema FPsi UNM saling berdekatan. Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) turut ikut mengatur kembali jadwal pelaksanaan kegiatan yang tidak berjalan sesuai dengan matriks. Menanggapi risiko kegiatan pengaderan BKM yang mendahului kegiatan REAL, Arifah mengungkapkan bahwa hal tersebut tidak diatur dalam aturan Kema FPsi UNM. 

“Tidak ada sebenarnya aturan tertulis tentang hal itu,” tuturnya. 

Meski begitu, Arifah menambahkan bahwa idealnya, pos pengaderan REAL harus dilalui terlebih dahulu sebelum pengaderan BKM. Hal ini karena REAL merupakan agenda pengenalan lingkungan kampus. 

“Idealnya setidaknya sudah dilewati pos pengaderan REAL karena disitu baru dikenalkan lingkungan kampus dan Kema di FPsi serta BKM yang ada,” tambahnya. 

Arifah berharap REAL tahun ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan harapan serta menjadi wadah pengenalan kampus bagi Maba 2020.

“Jadi pintu selamat datang untuk perkenalan ke adik-adik maba 2020 kema itu bagaimana,” harapnya. (MEOW)

Posting Komentar