Ilustrasi merdeka belajar
Sumber: google.com

Psikogenesis, Minggu (20/09)- Mengikuti program Merdeka belajar, 4 mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Universitas Negeri Makassar (UNM) memilih mata kuliah Psikoedukasi di Fakultas Psikologi (FPsi) UNM sebagai salah satu tempat untuk menambah ilmu dan skill mereka. 

Akbar, salah satu dari 4 mahasiswa tersebut mengaku sempat mengalami kebingungan mengenai cara mengikuti program merdeka belajar yang berakibat pada lambatnya penyelesaian Kartu Rencana Studi (KRS).

"Untungnya dari pihak himpunan maupun program studi sangat antusias mengawal kami yang ikut merdeka belajar makanya meskipun terlambat, tapi kita bisa laksanakan program ini,” ungkapnya.

Akbar juga mengungkapkan bahwa salah satu alasan ia memprogram mata kuliah Psikoedukasi di FPsi UNM yaitu untuk menunjang kemampuannya dalam mendidik nantinya sebagaimana jurusan kuliah yang diambilnya.

"Untuk itu penting kiranya agar saya paham mengenai bagaimana kemudian cara mendidik yang baik dengan mempertimbangkan psikologis daripada peserta didik kita nantinya,” tuturnya.

Peserta merdeka belajar lainnya, Nur Asisah mengutarakan alasan mengambil mata kuliah Psikoedukasi karena dianggap menarik.

"Karena memang mata kuliah ini sangat menarik menurut saya, perpaduan antara psikologi dan edukasi,” ujarnya.

Asisah pun mengaku senang mengikuti mata kuliah Psikoedukasi yang baru diikutinya di pekan pertama ini. 

"Di tahap perkenalan dengan mahasiswa lain serta dosen sangat menyenangkan,” akunya.

Novita Maulidya Djalal selaku salah satu dosen pengampuh mata kuliah Psikoedukasi menjelaskan mengenai manfaat yang bisa didapatkan oleh peserta merdeka belajar. Novi menjelaskan bahwa melalui mata kuliah Psikoedukasi, mahasiswa dapat dibekali cara untuk menghadapi manusia. 

"Bagaimana cara membuat suatu intervensi atau prevensi pencegahan atau penanganan pada permasalahan yang dirasakan oleh masyarakat dan bagaimana cara men-deliver-nya (baca: menyampaikan),” jelasnya.

Novita sendiri memberikan tanggapan positif terhadap mahasiswa yang mengikuti program tersebut. Ia pun berharap agar ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa peserta merdeka belajar tersebut dapat bermanfaat dan bisa menambahkan soft skill dari sudut pandang psikologi. 

"Jadi saya rasa kami (baca: dosen) sangat bahagia dengan adanya mahasiswa dari lintas fakultas ataupun lintas universitas yang turut mengambil mata kuliah Psikoedukasi,” terangnya. (IAS)

Posting Komentar