Sambutan WD III pada Pembukaan Seminar Literasi Nasional.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis.

Psikogenesis, Senin (08/02)- Seminar Nasional Literasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2020-2021 mengangkat tema Literasi Digital di Era 5.0 resmi dibuka di Ballroom Hasanuddin Hotel Mercure Nexa Pettarani pada Senin (08/02).

Syukri Nyompa selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNM dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pengurus Lembaga dan Panitia Pelaksana. Ia juga memaparkan bahwa literasi menuntut kemampuan mahasiswa, bukan hanya membaca dan melihat tetapi juga perlu membutuhkan wawasan keterampilan dalam berbagai persoalan.

“Karena disinilah dituntut kemampuan intelektual mahasiswa didalam berpikir kritis, didalam menganalisis suatu persoalan. Karena literasi sekarang memang dituntut bagaimana mampu melihat persoalan yang ada, bukan hanya menghadapi persoalan itu dengan melihat sepintas tetapi juga menganalisis lebih dalam,” paparnya.

Sementara itu, Cicci Resky Millenia selaku Ketua Panitia dari kegiatan ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan seminar ini merupakan bagian dari program kerja (proker) Kementerian Kemahasiswaan BEM FMIPA UNM.

“Jadi kegiatan Seminar Nasional ini merupakan agenda besar dan tiap tahun dilaksanakan oleh BEM FMIPA UNM,” ungkapnya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dalam literasi mahasiswa dalam literasi digital.

“Untuk meningkatkan budaya dan kemampuan berliterasi mahasiswa dalam hal ini yang berkaitan dengan literasi digital,” jelasnya.

Mahasiswa yang kerap disapa Cicci ini juga menambahkan bahwa peserta dari kegiatan yang dilaksanakan secara blended ini mencapai 1007 peserta.

“Sebanyak 691 sisanya dari universitas selain UNM, baik universitas di Sulawesi Selatan maupun di luar Sulawesi Selatan juga,” tambahnya.

Lebih lanjut, Cicci mengharapkan agar Seminar Literasi Nasional bisa berjalan dengan baik dan ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat.

“Setelah kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagi semua pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” harapnya. (BLU)

Posting Komentar