Pamflet registrasi calon Mawapres FPsi UNM tahun 2021
Sumber: Dok. Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UNM

Psikogenesis, Selasa (06/04)-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) untuk tahun 2021. 

Kegiatan tahunan ini kembali diadakan dengan mengangkat tema "Sustainable Development Goals". Arinil Hidayah Bur selaku panitia Pilmapres 2021 sekaligus Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) FPsi UNM tahun 2020 membenarkan hal ini. 

“Karena di tahun 2021 belum keluar tema untuk pilmapres tahun ini dari nasional tapi kita ikut ke tema tahun 2020. Karena setiap tahun dari 2019 atau 2018 itu temanya selalu terkait dengan Sustainable Development Goals. Makanya kita ambil itu untuk tema,” ungkap mahasiswa yang kerap disapa Arinil ini. 

Pilmapres FPsi UNM akan dilakukan secara bertingkat, yakni dimulai dari tingkat fakultas, lalu akan diseleksi lagi pada tingkat universitas kemudian ke tingkat nasional. 

“Jadi sekarang itu lagi proses registrasi pendaftaran. Terus untuk proses seleksinya itu pemilihan dulu di fakultas, lalu universitas baru ke nasional. Seperti itu prosesnya yang akan dilalui,” tambahnya. 

Sementara itu, Arinil mengaku bahwa pelaksanaan Pilmapres FPsi UNM belum dapat dipastikan akan dilaksanakan secara daring atau luring. 

“Kalau di fakultas sendiri sih belum di tahu online atau offline, karena masih dirapatkan dulu sama bapak (baca: Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM beserta tim pelaksana) di fakultas, tapi kalau universitas itu selalu offline,” ungkap Arinil. 

Arinil pun menjelaskan bahwa persyaratan kemampuan berbahasa asing merupakan persyaratan opsional dan tidak serta merta menggugurkan peserta yang tidak memenuhi persyaratan itu. 

Info: Registrasi Calon Mawapres FPsi UNM Tahun 2021 

“Untuk kemampuan berbahasa asing itu opsional dan tidak wajib, sunnah ji tapi jadi poin plus kalau kita bisa dibuktikan itu pada saat presentasi, terus tanya jawab, dan dari caranya speaking gitu,” jelasnya. 

Arinil pun mengungkapkan bahwa pengumuman mahasiswa yang terpilih pada Pilmapres 2021 FPsi UNM akan diadakan dalam waktu dekat, mengingat proses registrasi sekarang tengah berlangsung. 

“Sampai sekarang di universitas itu belum ada keluar kapan tanggal untuk registrasinya. Sedangkan untuk fakultas akan pengumuman mahasiswa berprestasi setelah tahapan presentasi dan proses pemilihan. Waktunya itu belum jelas dari Fakultas, tapi rencananya bapak (baca: Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FPsi UNM beserta tim pelaksana) ingin awal puasa atau sebelum puasa pengumumannya," ungkapnya. 

Sementara itu, Arinil sendiri sangat mendorong para mahasiswa khususnya mahasiswa FPsi UNM untuk mengikuti ajang Pilmapres kali ini karena memiliki banyak dampak positif serta keuntungan bagi yang terpilih. 

Benefit-nya ikut mawapres (baca: mahasiswa berprestasi) tentunya kalau dari saya pribadi nah itu meningkatkan lagi skill, potensi khususnya jadi lebih terasah, terus juga untuk karir kedepannya, untuk menambah CV (baca: Curriculum Vitae) juga, pengalaman, relasi tentunya, terus selain itu juga ada manfaat dari fakultas yang diberikan seperti uang pembinaan sama sertifikat,” ujarnya. 

Lebih jauh, Arinil menambahkan bahwa ketika Pilmapres FPsi UNM tidak memiliki pendaftar, maka akan ditindaklanjuti dengan sistem pendelegasian. Tim pelaksana akan memilih langsung Mawapres tersebut dari mahasiswa FPsi UNM dengan melihat prestasi akademik dan non-akademiknya. 

“Sampai sejauh ini belum ada yang memasukkan berkas tapi sudah ada beberapa yang tanya-tanya terkait ini Mawapres jadi sudah bisa dipastikan Insyaallah akan ada pendaftar. Tapi kalau memang tidak ada mendaftar, pilihan terakhir mungkin akan ada delegasi langsung dari fakultas,” tutupnya. (AKB)

Posting Komentar