Pamflet Tudang Sipulung Kema FPsi UNM.
Sumber: Dok. Kema FPsi UNM


Psikogenesis, Jumat (02/04)-Tudang Sipulung Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) membuahkan nama-nama yang akan didelegasikan ke Lembaga Kemahasiswaan (LK) UNM. 

Moch. Ihsan Syahputra selaku Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (Maperwa) Kema FPsi UNM menyampaikan bahwa terdapat tiga nama yang akan menjadi delegasi Kema FPsi ke LK UNM, yakni Muhammad Nur Vicky Ahmad, Arsyil Nur Akbar, dan Rikhal Jannah Rosadi. 

"Aturannya memang maksimal 3 orang (baca: yang didelegasikan ke LK UNM)," tambahnya. 

Adapun pertimbangan untuk mendelegasikan ketiga orang tersebut, yakni karena ketiganya dianggap memiliki kapabilitas dalam menjalankan tugas di LK UNM. 

"Ketiga nama tersebut telah menyatakan bersedia, kesediaan sangat penting dengan harapan ketiga nama tersebut dapat menyelesaikan masa baktinya selama masa kepengurusan," ujarnya. 

Mahasiswa yang kerap disapa Ochi ini menyampaikan urgensi dilakukannya pendelegasian ke LK UNM adalah mewadahi minat masyarakat Kema FPsi UNM yang mau berlembaga di tingkat universitas. 

"Kedua, kita tidak mau melewatkan kesempatan pada saat pendelegasian karena psikologi selalu punya kepentingan di Maperwa univ (baca: universitas) untuk memperbaiki konstitusi yang ada di sana, memperbaiki hal-hal yang dirasa tidak sesuai," lanjutnya. 

Sementara itu, dengan adanya delegasi ke LK UNM, masyarakat Kema FPsi memiliki penyambung lidah di LK UNM ketika ada kepentingan atau pun aspirasi dari masyarakat Kema FPsi itu sendiri. Beda halnya ketika tidak melakukan pendelegasian ke LK UNM, akan terasa sulit untuk membuka komunikasi ke Maperwa Universitas. 

"Mengingat kita tidak berpartisipasi dalam kepengurusannya lantas apa yang jadi alasannya teman-teman Maperwa univ untuk melayani kepentingan dari psikologi (baca: masyarakat Kema FPsi)," ungkapnya saat dihubungi via WhatsApp.

Tidak hanya itu, Ochi menambahkan bahwa tujuan pendelegasian ke LK UNM juga bisa dijadikan jembatan untuk membuka komunikasi ke pihak birokrasi atau pihak universitas secara langsung. 

Untuk menindaklanjuti hasil Tudang Sipulung, langkah yang akan ditempuh selanjutnya adalah follow up terkait berkas delegasi. 

"Karena kan terakhir tanggal 4 (baca: Minggu, (04/04) jadi itu dulu yang jadi fokus utamanya Maperwa," tambahnya. (OA)

Posting Komentar