Acara Ramah Tamah Wisuda FPsi UNM Periode April 2021 yang dilaksanakan Sabtu (10/04) di Hotel MaxOne, Makassar.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (11/04)- Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar Ramah Tamah Wisuda periode April 2021 bertempat di Hotel MaxOne Makassar pada Sabtu (10/04).

Muhammad Daud selaku Dekan FPsi UNM mengungkapkan bahwa 44 wisudawan/wisudawati periode April 2021 ini merupakan buah dari kerja keras bersama. Kerja keras tersebut disertai kerja sama dosen FPsi UNM yang membantu penyelesaian skripsi mahasiswa. 

“Kerja sama dosen yang membimbing skripsi, dosen PA (baca: Pembimbing Akademik) sehingga proses penyelesaian (baca: penyelesaian skripsi) dapat tercapai,” ungkapnya. 

Dosen yang akrab disapa Daud ini menuturkan bahwa dari 44 mahasiswa yang di wisuda terdapat 17 mahasiswa yang telah memiliki penghasilan dan 2 mahasiswa yang sudah mengutarakan niatnya melanjutkan studi ke program magister. 

“Jadi dari 44 mahasiswa ini, 17 mahasiswa diantaranya itu sudah punya kegiatan tetap, kegiatan yang menghasilkan uang dan 2 mahasiswa lainnya sudah memiliki niatan melanjutkan S2,” tuturnya. 

Daud pun menambahkan dengan wisudanya 44 mahasiswa, jumlah total alumni FPsi UNM berjumlah 1198 dan hingga saat ini terdapat kurang lebih 1447 mahasiswa aktif. Mahasiswa aktif ini, merupakan kumpulan dari beberapa angkatan yang belum selesai khususnya dari angkatan 2014 hingga 2020. Menurutnya, jumlah mahasiswa aktif tersebut menjadi sebuah tugas berat mengingat mahasiswa angkatan 2014, 2015 dan 2016 sudah seharusnya selesai. 

“Karena secara bertahap, 2014, 2015, dan 2016 seharusnya sudah selesai karena sudah melewati masa studi 4 tahun. Kurikulum kami juga didesain hanya sampai 7 semester tetapi sepertinya masih banyak mahasiswa yang ingin manfaatkan masa studinya 7 tahun,” tambahnya. 

Lebih jauh, Daud menjelaskan bahwa secara terus-menerus telah dilakukan monitoring serta evaluasi untuk mengetahui kendala yang mereka hadapi khususnya dalam upaya penyelesaian studi. 

“Sayangnya, ketika kita melakukan dialog, kita diskusi, persoalannya bukan hanya pada peran dosen pembimbingnya tetapi sangat banyak (baca: peran) pada keaktifan dan kemampuan mahasiswa itu sendiri,” jelasnya. 

Di akhir sambutan, Daud mengharapkan para wisudawan untuk jangan pernah berhenti belajar dan tetap mengejar cita-cita yang diinginkan, baik itu mengejar magister di luar maupun di dalam lingkup UNM serta menjaga nama baik kampus. 

“Jangan lupa tetap menjaga nama baik almamater karena di mana pun anda berada, ungkapan dan perilaku anda merupakan cerminan kualitas anda sebagai alumni FPsi UNM,” tandasnya. (BLU)

Posting Komentar