Roadmap perekrutan anggota baru komunitas Psychograph FPsi UNM melalui program New Tab.
Sumber: Instagram @psychograph
 

Psikogenesis, Kamis (06/05)-Komunitas Psychograph Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) lakukan perekrutan anggota baru yang dinamakan dengan program New Tab pada Rabu (21/04) hingga Jumat (23/07). 

Program New Tab ini merupakan konsep baru yang dirancang oleh komunitas Psychograph dalam melakukan perekrutan anggota baru di kondisi pandemi Covid-19 saat ini. 

Sitti Chumaerah Sophian selaku Koordinator Sumber Daya Manusia (SDM) Psychograph menjelaskan bahwa konsep baru perekrutan ini merupakan program perekrutan berbasis tim yang diusung sebagai pengganti perekrutan sebelumnya yang berbasis tiga kelas kreatif. 

“Perekrutan ini membebaskan teman-teman yang ingin daftar ke New Tab untuk membentuk tim beranggotakan 3-5 orang kemudian memilih dan merancang program kreativitas yang sesuai dengan kebutuhan individu, tim, komunitas dan masyarakat lalu menjalankan rancangan programnya,” ungkapnya. 

Mahasiswa yang kerap dipanggil Minnong itu mengatakan bahwa konsep ini terinspirasi dari salah satu drama korea berjudul Start-up, dan New Tab sesuai dengan kondisi saat ini. 

“Dari hasil diskusi kenapa kita ganti konsep perekrutan ke New Tab karena dianggap relevan untuk kondisi saat ini (baca: pandemi Covid-19). Kan teman-teman lagi SFH (baca: School From Home), terus kalau kita pindahkan kelasnya jadi online, ada beberapa hal yang tidak bisa di jelaskan secara online, kita mau kumpul pun sulit karena lagi kondisi seperti ini. Makanya kita usung New Tab untuk teman-teman yang ingin bergabung dengan kita (baca: Psychograph),” jelasnya. 

Minnong juga mengungkapkan bahwa program perekrutan ini memiliki tujuan dalam mengembangkan kemampuan team work, bukan halnya dalam pembekalan pengetahuan dasar mengenai design, foto, video, dan lain-lain. 

“Hal lain yang teman-teman akan dapatkan saat bergabung dalam program perekrutan ini yaitu kita juga sediakan 10 mentor yang akan dampingi dan bimbing teman-teman untuk merancang dan melaksanakan programnya. Jadi ada banyak benefit (baca: manfaat) yang didapatkan dari program perekrutan baru ini,” tambahnya. 

Mahasiswa angkatan 2018 ini juga menuturkan bahwa untuk penilaian dalam program New Tab Psychograph yaitu penilaian individu dan kelompok yang akan dinilai sama mentor mereka yang telah ditentukan. 

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan lebih (21 April–23 Juli) dengan tahapan-tahapan yang telah dijelaskan di akun Instagram Psychograph,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Minnong berharap dengan konsep baru ini bisa mewadahi kreativitas teman-teman dan sekaligus sebagai wadah dalam berkembang serta mendapatkan pengetahuan. 

“Semoga New Tab bisa menjadi awal yang baru untuk teman-teman memulai langkah baru dan menjadi pribadi yang baru dan lebih baik kedepannya. Dan memanfaatkan New Tab ini sebagai wadah menuntut ilmu, mengembangkan skill (baca: keterampilan), dan pengembangan diri,” tambahnya. 

Hingga berita ini ditulis, telah terdaftar 12 tim, masing-masing tim terdiri 3-5 orang dengan total peserta sebanyak 51 orang yang terdaftar dari angkatan 2018, 2019 dan 2020. (ANQ)

Posting Komentar