Pelantikan pengurus HMI Komisariat Psikologi dan MIPA UNM Periode 2021-2022.
Sumber: Dok. HMI Komisariat Psikologi UNM

Psikogenesis, Kamis (24/06)- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) Periode 2021-2022 yang telah resmi dilantik pada Juni lalu, hadir menjadi wadah diskusi penempa pola pikir bagi mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) UNM. 

(Baca berita sebelumnya: HMI Komisariat MIPA dan Psikologi UNM Cabang Makassar Resmi Dilantik

Pembentukan HMI Komisariat Psikologi ini muncul karena ketua terpilih, Awan Ilmiah melihat kurangnya wadah diskusi khususnya di Fakultas Psikologi (FPsi) UNM dalam membentuk pengaderan yang berfokus pada pembentukan pola pikir yang berorientasi esensi dan subtansi. 

“Kebanyakan lembaga di fakultas psikologi sudah baik dalam hal administrasi, namun masih kurang dalam hal esensi dan subtansi, sistem pengaderan dengan orientasi pembentukan kerangka pikir di psikologi masih kurang,” ujarnya. 

Mahasiswa angkatan 2017 ini juga mengungkapkan kedepannya HMI Komisariat Psikologi akan bekerja menjalankan sejumlah program kerja rutin yang bertujuan untuk mencapai tujuan awalnya. 

“Ada beberapa proker (baca: program kerja) yang kami lakukan, salah satunya itu proker yang sifatnya rutin untuk membentuk pola pikir yang bernama Ngaji Filsafat yang bertujuan mengkaji filsafat dan terbuka untuk masyarakat Psikologi,” ungkapnya. 

Awan juga mengungkapkan jika rencana jangka panjang HMI Komisariat Psikologi adalah untuk membentuk kader yang dapat memiliki pola pikir yang baik dan sesuai dengan tujuan HMI. 

“Kembali ke tujuan, yaitu bagaimana membentuk masyarakat dengan literasi yang baik dan pembentukan pola pikir yang baik. Sehingga kedepannya membentuk kader-kader yang dapat mencapai tujuan HMI,” jelasnya. 

Awan juga menjelaskan membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan Lembaga Kemahasiswaan (LK) dan Fakultas Psikologi jika memang memungkinkan. 

“Selama itu tidak melanggar konstitusi HMI, kenapa tidak,” tuturnya. 

Lebih lanjut, awan berharap agar kehadiran HMI Komisariat Psikologi ini nantinya dapat menjadi warna baru dalam kelembagaan di Fakultas Psikologi UNM. 

“Semoga dengan kehadiran warna baru di psikologi, diharapkan mampu memberikan dinamika baru di Psikologi,” tutupnya. (EHRE)

Posting Komentar