Agenda foto bersama pada kegiatan pengumpulan angkatan 2020 oleh Kemendiklat BEM FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Psikogenesis, Rabu (23/06)- Kementerian Pendidikan dan Pelatihan (Kemendiklat) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar  (UNM) mengadakan pengumpulan tatap muka untuk angkatan 2020 di BTN Pao-Pao pada Selasa (23/06) kemarin. 

Hayatul Mutmainnah selaku Ibu Suku angkatan 2020 menjelaskan bahwa kegiatan pengumpulan yang diadakan secara luring untuk pertama kali ini dihadiri sekitar 60 orang mahasiswa angkatan 2020. Pengumpulan luring ini diadakan atas kesepakatan dari koordinasi antara pihak Kemendiklat dan angkatan 2020. 

“Walaupun tidak semua teman-teman 2020 hadir, tapi alhamdulillah setiap perwakilan kelas itu ada minimal 3 orang perwakilan kelas. Yang hadir itu hanya sekitar 60-an orang," tutur mahasiswi yang kerap disapa Innah. 

A. Nurul Annisaa selaku Mendiklat menjelaskan bahwa pengumpulan luring tersebut dilaksanakan di luar kampus dengan pertimbangan dari suara terbanyak angkatan 2020 dan pengumpulan yang dianggap lebih kondusif apabila dilaksanakan di luar kampus. 

“Itu berdasarkan kesepakatan Diklat (Baca: Kemendiklat) dan teman-teman angkatan 2020 lebih cenderung mau dilakukan di luar kampus dan kebetulan ada lokasi yang bisa ditempati,”  jelasnya. 

Dalam pengumpulan luring angkatan 2020 ini, tidak ada syarat khusus yang ditetapkan oleh Kemendiklat seperti penggunaan atribut tertentu. 

“Intinya dia mahasiswa angkatan 2020 dan tetap menggunakan protokol kesehatan, sedangkan MoU (Baca: Memorandum of Understanding) hanya berlaku apabila pengumpulan dilakukan di lingkungan kampus," ujar Nisaa. 

Nisaa juga menambahkan bahwa syarat minimal peserta yang ditetapkan oleh Kemendiklat yaitu sebanyak 70 orang dengan alasan bahwa jumlah tersebut dipatok dari jumlah peserta yang hadir pada pengumpulan sebelumnya. 

“Pengumpulan sebelumnya mencapai 70 orang, jadi kami ambil patokan jumlah itu," jelasnya. 

Innah menuturkan bahwa pengumpulan luring pertama yang dilakukan angkatan 2020 berjalan lancar. Adapun informasi yang diberikan dalam pengumpulan akan disampaikan juga pada mahasiswa yang tidak sempat hadir. 

Akhir kata, Nisaa mengapresiasi angkatan 2020 karena banyak yang hadir pada pengumpulan luring angkatan 2020. 

“Saya mengapresiasi, karena banyak yang dari daerah (Baca: luar Makassar) hadir di pengumpulan. Untuk pengumpulan selanjutnya akan dilakukan secara luring tergantung dengan kondisi kedepannya," tuturnya. (AL)

Posting Komentar