Seruan Aksi dengan Tema "Wujudkan Kampus UNM yang Demokratis dan Stop Komersialisasi Pendidikan" oleh Aliansi Mahasiswa UNM di Pelataran Menara Phinisi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Senin (12/07)- Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seruan aksi "Wujudkan Kampus UNM yang Demokratis dan Stop Komersialisasi Pendidikan" di Pelataran Menara Phinisi UNM pada Senin (12/07) tadi. 

Ari Baba Felani, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UNM, yang diamanahkan sebagai humas (hubungan masyarakat) untuk media pada aliansi ini memaparkan bahwa  terdapat empat isu turunan yang diangkat pada aksi kali ini. 

"Pertama terkait transparansi Unit Cost, RKA/KL (baca: Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga), Covid-19 (baca: Coronavirus Disease-19). Yang kedua terkait peraturan  kemahasiswaan yang harus direvisi. Yang ketiga, SOP (baca: Standard Operational Procedure) pengembalian UKT (baca: Uang Kuliah Tunggal) yang terlanjur membayar. Yang keempat berikan subsidi UKT secara general untuk mahasiswa UNM," paparnya. 

Lebih jauh, ia menyampaikan bahwa transparansi Unit Cost, RKA/KL, dan anggaran Covid-19 merupakan masalah klasik bahkan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan pun menyampaikan bahwa setiap tahun hal ini melulu yang dituntut. 

"Karena memang pada dasarnya ini nda pernah diaminkan, tidak pernah dikabulkan oleh pimpinan universitas," ungkapnya. 

Sementara itu, mahasiswa yang kerap disapa Ari ini mengaku bahwa aksi hari ini berangkat dari tidak adanya respon pimpinan universitas terhadap pelayangan surat yang dikeluarkan oleh aliansi. Ia pun berharap agar semua tuntutan yang diberikan bisa dikabulkan. 

"Karena ini adalah kepentingan bersama," harapnya. 

Akhir kata, Ari mengatakan bahwa banyak argumentasi yang dikeluarkan oleh pimpinan yang seolah-olah tidak menjawab itikad baik mahasiswa. 

"Terbukti dari tidak beraninya memberikan janji untuk memberikan agenda berdialog dengan aliansi mahasiswa UNM," tutupnya. (OA)

Posting Komentar