Dokumentasi kegiatan BINOM 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Bakti Pendidikan dan Sosial Matematika (BINOM) 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dibuka kemarin pada Jumat (25/06) kemarin oleh Nurwati Djam’an selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNM. 

Ketua Panitia BINOM 2021, Muh. Shafwan Shalihin menjelaskan BINOM 2021 ini mengangkat tema “Mengoptimalkan Sikap Kepedulian Masyarakat Terhadap Budaya Literasi dan Religius di Lingkungan Sosial”. Dengan beberapa item kegiatan diantaranya Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi (PEMSI), Gerakan Literasi Al-Qur’an (GLQ), Taman Baca, Pameran Media Pembelajaran, Sharing and Care, Kompetisi Matematika Agama dan Tradisional (KOMAT), dan Matematika Peduli Ligkungan (MPL). 

Pelaksanaan BINOM ini belangsung selama tujuh hari terhitung dari Jumat (25/06) hingga Kamis (01/07) diperuntukkan bagi warga Dusun Jolle terkhusus remaja, anak-anak, dan masyarakat sekitar. Hari pertama dilaksanakan penyambutan yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Umpungeng dan tokoh masyarakat serta warga sekitar Dusun Jolle. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi oleh panitia BINOM 2021 ke rumah warga sekitar. 

Antusiasme warga Dusun Jolle menjadi salah satu faktor berhasilnya kegiatan BINOM 2021 ini. Dilihat dari tingginya partisipasi warga di setiap kegiatan BINOM 2021. Diantaranya pada pelaksanaan Matematika Peduli Lingkungan (MPL) dan Senam Bersama. 

Meskipun beberapa kali diguyur hujan, rangkaian kegiatan BINOM 2021 tetap terlaksana. Terutama anak-anak sekolah dasar yang menjadi target kegiatan Gerakan Literasi Qur’an (GLQ) dan Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi (PEMSI) yang seringkali datang lebih dulu ke lokasi kegiatan. Hal ini membuat Ketua Umum HMJ Matematika FMIPA UNM merasa tersentuh oleh betapa antusiasnya anak-anak Dusun Jolle megikuti kegiatan BINOM 2021. 

“Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada Warga Dusun Jolle yang sampai saat ini memberikan bantuan dan partisipasinya kepada kami kepanitiaan BINOM 2021. Saya juga berterimakasih atas partisipasi adik-adik yang sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan kami. Yang bahkan adik-adik datang lebih dulu sebelum waktu yang ditentukan”, ujar Asriadi selalu Ketua HMJ Matematika FMIPA UNM saat memberi sambutan penutupan. 

Sekretaris Desa Umpungeng yang mewakili Kepala Desa Umpungeng, dalam sambutannya menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat Desa Umpungeng khususnya bagi masyarakat yang menjadi sasaran kegiatan. 

“Kegiatan dalam program ini tentu memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat Desa Umpungeng, kami berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi yang berguna bagi generasi dan masa depan Desa Umpungeng," ucapnya. 

Ia pun menambahkan bahwa ini bukan kali pertama mahasiswa UNM datang ke desa mereka. 

“Kami tiap tahun menjadi langganan KKN (baca: Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Negeri Makassar bahkan beberapa tahun yang lalu pernah hadir mahasiswa UNM yang melakukan penelitian selama dua minggu di desa ini. Dan mohon maaf sekiranya apabila ada yang kurang berkenan di hati selama ada di desa ini. Kalau pun ada, bawalah yang baik-baik saja ke Makassar”, tutupnya disertai tepuk tangan meriah.

Posting Komentar