Agenda Pembukaan PKM Majene oleh Tim Dosen FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pada Sabtu (28/08) lalu. 

Kegiatan ini dibuka secara daring dan luring oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM, Bakhrani Rauf. Sebelumnya, Sinar Alam selaku Kepala LPMP Provinsi Sulbar menyampaikan sambutannya dan Muh. Daud menyampaikan laporan kegiatan PKM terpadu. 

Adapun tema kegiatan ini yakni "PKM Penyintas Gempa Bumi Provinsi Sulawesi Barat" yang berkaitan dengan stres pasca bencana yang dirasakan oleh masyarakat di lokasi bencana. Tim PKM yang beranggotakan Muhammad Nur Hidayat Nurdin sebagai Ketua Tim PKM, dan Muhrajan Piara selaku anggota, serta mahasiswa bernama Fadli Ajra, lebih menitikberatkan kegiatan ini pada pendekatan psikologi untuk mengatasi rasa sakit dan stres yang dirasakan oleh masyarakat sebagai dampak dari bencana alam yang dialami. 

Pelaksanaan kegiatan ini digabung dengan salah satu tim PKM yang diketuai oleh Ahmad dengan kegiatannya yang bertema pendekatan spiritual. Karena dianggap memiliki kedekatan ide dari tema yang diusung oleh kedua tim ini, maka pelaksanaannya pun dilaksanakan di satu lokasi yakni di salah satu masjid yang ada di Majene, Sulbar. 

Respon positif masyarakat terkait kegiatan PKM ini pun dituai oleh tim PKM FPsi UNM. Salah satu warga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini. Warga pun sangat berharap agar kegiatan seperti ini dilaksanakan kembali di lokasi tersebut.

Posting Komentar