Kegiatan PKM "Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Trauma Penyintas Bencana Sulawesi Barat" oleh Tim Dosen FPsi UNM.
Sumber: Dok. Tim Dosen FPsi UNM

Psikogenesis, Kamis (09/09)- Tim dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Ahmad Ridfah dan Sitti Murdiana melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Menulis Ekspresif Untuk Menurunkan Trauma Penyintas Bencana Sulawesi Barat" yang berlangsung di Desa Taan, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju pada Jumat-Senin (03-06/09) lalu. 

Ahmad Ridfah menjelaskan bahwa pengabdian ini dilakukan untuk membantu masyarakat korban bencana alam gempa bumi yang mengalami efek psikologis setelah kejadian. 

"Dan efek tersebut masih bertahan hingga saat ini," jelas dosen yang akrab disapa Ridfah ini. 

Penelitian yang diikuti oleh 20 orang serta dengan kegiatan menulis pikiran, perasaan, dan/atau pengalaman mereka terkait bencana selama 20 menit ini dipilih dikarenakan metode menulis ekspresif memberikan pengaruh terhadap penyintas. 

"Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh Abrianto dan kawan-kawan menemukan bahwa menulis ekspresif itu memberikan pengaruh pada penurunan stress pasca trauma penyintas bencana," paparnya. 

Hingga saat ini, penelitian yang melibatkan Isnawati, Hernawati, Sabriasrifah, dan Muh. Pajrul Syawal telah memasuki tahap mengolah data. 

"Saat ini sedang pada tahap mengolah data, untuk memastikan apakah intervensi yang dilakukan bisa membantu mereka," tambahnya. 

Akhir kata, Ridfah, berharap agar dari pengabdian yang dilakukan dapat membuat masyarakat lebih sehat. 

"Harapannya, setelah mereka menerima intervensi ini, mereka jadi lebih sehat dalam menghadapi hari-hari kedepannya," tutupnya. (BLU)

Posting Komentar