Agenda Pengumuman Nama dan Logo Angkatan Psylion FPsi UNM.
Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Minggu (10/10)- Angkatan 2020 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dikukuhkan dalam Inaugurasi 2021 yang berlangsung di Auditorium Radio Republik Indonesia Makassar pada Minggu (10/10) kemarin. 

Iqbal Eno Aditya selaku Ketua Angkatan 2020 pun menjelaskan bahwa Psylion merupakan singkatan dari Psychology of Revolution

Nama tersebut digunakan dikarenakan Psylion merupakan angkatan pertama yang terbentuk di era new normal serta merasakan dinamika-dinamika yang terjadi seperti memulai tahun ajaran baru secara virtual, memasuki pengenalan dunia kampus melalui digital atau teknologi. 

"Angkatan 2020 menjadi angkatan yang memasuki era revolusi atau perubahan untuk masa kedepannya. Terbentuk serta disatukan dengan cara baru yang berbeda dari sebelumnya yaitu lebih bergantung pada teknologi," jelas mahasiswa yang akrab disapa Iqbal ini. 

Dalam Inaugurasi yang mengangkat tema "Our Scenario For Aspiration" 2021 atau OSCAR 2021 ini juga dipaparkan makna setiap elemen dalam logo Psylion, mulai dari lingkaran putih, elemen trisula psikologi,lambang singa, hingga padi dan kapas. 

Berikut maknanya: 

Lingkaran Putih;

Lingkaran dapat mewakili kekekalan dan bersifat melindungi, menjaga hal-hal yang ada di dalam dan menunjukkan suatu komunitas, integritas, dan kesempurnaan. 

Trisula Psikologi;

Simbol Trisula merupakan alfabet Yunani urutan ke 23 yang disebut “Psi” dan menjadi lambang psikologi. Tokoh Psikologi Sigmund Freud memberikan arti pada tiga cabang bentuk trisula, yaitu tiga aspek dasar manusia dan perilaku terhadap lingkungannya. Id, Ego, Superego adalah pencetus munculnya perilaku manusia yang dinamis. Inilah yang membuat simbol trisula dirasa sangat tepat untuk menggambarkan ilmu psikologi. 

Lambang Singa;

Singa melambangkan upaya sepenuh hati dan kerja keras. Lion atau singa yang menjadi lambang atau simbol untuk mewakili angkatan 2020. Singa merupakan hewan yang hidup berkelompok dan terdiri dari betina dan jantan serta singa menjaga daerah kekuasaannya dengan kata lain menjaga keharmonisan dan kekeluargaan sebagaimana yang ada pada Keluarga Mahasiswa (Kema) FPsi UNM. 

Padi dan Kapas;

Butir Pancasila ke-5 yang berbunyi “Keadilan sosial bagi selurah rakyat Indonesia”, merupakan butir yang bermakna keadilan bagi mahasiswa Psikologi UNM angkatan 2020. Prinsip keadilan merupakan inti dari moral ketuhanan, landasan pokok perikemanusiaan, simpul persatuan, dan juga kedaulatan mahasiswa. 

Iqbal pun menambahkan untuk elemen warna hitam, merah dan putih memiliki makna yang berbeda-beda. 

"Merah membawa kesan semangat, menarik, energi, dan kemarahan serta berani. Hitam membawa kesan elegan, klasik, kepuasan, dan kekuatan. Putih membawa kesan kesucian, kedamaian, kemurnian, kepolosan, dan menciptakan estetika minimalis," tutupnya. (BLU)

Posting Komentar