Pembukaan ISC HMPS IPA FMIPA UNM.
Sumber: Dok. HMPS IPA FMIPA UNM

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2020-2021 melaksanakan kegiatan Integrated Science Competition (ISC) yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (25-26/09) dan Jumat-Minggu (01-03/10). 

Pembukaan kegiatan ISC ini dilaksanakan secara semi daring pada Sabtu (25/09) bertempat di ruang Teater lantai 12 Science Square FMIPA UNM dan via Zoom Cloud Meeting. Adapun tema yang disusun “Mewujudkan Generasi yang Berkualitas, Kompetitif dan Adaptif Guna Melejitkan Talenta dan Prestasi Sains Dimasa Pandemi”. ISC ini hadir sebagai sarana memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang IPA sehingga membentuk karakter yang jujur, sportif, tekun, cermat, teliti, dan tangguh. 

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Awi Dassa selaku Wakil Dekan (WD) I FMIPA UNM, Ramlawati selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan IPA, dihadiri juga oleh Salma Samputri selaku pembimbing HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM Periode 2020-2021, pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) lingkup FMIPA UNM serta para peserta ISC. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh WD I FMIPA UNM dengan ketukan gong tiga kali oleh Kaprodi Pendidikan IPA sebagai tanda bahwa kegiatan ISC resmi dibuka. Pembukaan ISC ini juga dirangkaikan dengan Seminar Pendidikan Nasional yang juga dilaksanakan secara semi daring. Sambutan turut disampaikan oleh Ramlawati selaku Kaprodi Pendidikan IPA FMIPA UNM. 

“Pelaksanaan ISC di masa pandemi meningkatkan kreativitas panitia dalam mempersiapkan kegiatan secara online dan offline. ISC dapat menggali dan menemukan kompetensi dan bakat peserta didik dalam bidang IPA. ISC yang dikolaborasikan dengan Seminar Nasional memfasilitasi peserta didik dan pendamping meraih manfaat Bersama," ujarnya. 

Sementara itu, menurut Ketua Umum HMPS Pendidikan IPA FMIPA UNM, Muhammad Dzulfikar Assagaf, bahwa suksesnya kegiatan ISC ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh komponen yang ada di prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM 

“ISC merupakan salah satu wadah pengaktualisasian intelektual dan potensi diri peserta didik (SD dan SMP) khususnya dalam hal sains. Berbicara mengenai ISC tidak terlepas dari kerja keras dan segala bentuk usaha untuk menyukseskan ISC bukan hanya dari kepanitiaan dan kepengurusan, tetapi juga dari seluruh komponen yang ada di prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM. Saya juga berterima kasih kepada sponsor dan media partner yang telah mengambil bagian dalam kegiatan ini,” ujar Dzulfikar. 

Ketua Panitia ISC, Bietnaryen Virgonius Banga, pun berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat untuk peserta didik meskipun dalam situasi pandemi. 

“Harapan saya untuk ISC tahun ini yaitu ISC akan memberikan semangat dan motivasi baru untuk peserta didik agar lebih meningkatkan kulitas diri dalam dunia pendidikan meskipun kita sedang di landa covid-19,” ucapnya.

Posting Komentar