Post PIA Teman Cerita Kemenpema BEM Kema FPsi UNM.
Sumber: Dok. BEM Kema FPsi UNM

Psikogenesis, Jumat (29/10)- Kementrian Pengabdian Masyarakat (Kemenpema) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (Kema) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan melaksanakan Psychology In Action (PIA) Teman Cerita pada November mendatang. 

Titin Rezkiyana selaku staff Kemenpema menjelaskan bahwa PIA Teman Cerita merupakan program kerja (proker) yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa FPsi UNM yang ingin melakukan pengabdian pada masyarakat sekaligus menerapkan ilmu psikologi yang telah dipelajari. 

"Jadi Teman Cerita itu program kerja dari Kemenpema yang tujuannya untuk mewadahi masyarakat Kema dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu psikologi dan berbasis Psychology First Aid (PFA) serta konseling gratis," jelasnya 

Mahasiswi yang akrab disapa Titin ini juga menambahkan bahwa PIA Teman Cerita memiliki konsep yang sama dengan konsep konseling daring dimana relawan akan memberi PFA ke partisipan PIA Teman Cerita atau yang disebut helpee sesuai aturan yang ada dan setelah menerima pembekalan dari Psikolog.  

"Untuk konsep Teman Cerita sendiri itu seperti konsep konseling online pada umumnya, volunteer berperan untuk memberikan PFA ke helpee sesuai aturan yang telah dibuat dan telah mendapatkan pembekalan dari psikolog," tambahnya 

Titin juga menyampaikan bahwa PIA Teman Cerita akan berjalan bersamaan dengan PIA Desa Binaan dimana keduanya akan berlangsung pada bulan November mendatang. 

"Tapi dari Teman Cerita sendiri itu lebih menyesuaikan jadwalnya karena menyesuaikan dari jadwal freenya (baca: kosongnya) helper," ungkapnya. 

Mahasiswa angkatan 2018 ini berharap PIA Teman Cerita bisa berjalan lancar dengan ilmu psikologi yang akan diterapkan dan helpee bisa terbantu setelah mengikuti kegiatan PIA Teman Cerita. 

"Harapanku semoga proker Teman Cerita diberi kelancaran dalam pelaksanannya, ilmu psikologi dapat diterapkan didalamnya, dan helpee bisa terbantu dalam menangani masalahnya setelah mengikuti teman cerita ini," tukasnya. 

Pendaftaran volunteer PIA Teman Cerita telah ditutup pada Selasa (26/10) lalu dan Pembekalan volunteer juga sudah dilaksanakan pada (27/10) lalu. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi akun Instagram BEM Kema FPsi UNM. (DAL)

Posting Komentar