Pamflet Pelatihan Bahasa Isyarat Fun Camp 2021.
Sumber: Dok. MARABUNTA FPsi UNM. 

Psikogenesis, Minggu (03/10)- Mahasiswa Pemerhati Bumi Nusantara (MARABUNTA) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan pelatihan bahasa isyarat dalam rangka menyambut Fun Camp 2021. 

Penyelenggaraan pelatihan ini dikonfirmasi oleh ketua panitia Fun Camp 2021 Muh. Nur Haq I.S. Mannessa, pelatihan ini ditujukan agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan Fun Camp 2021 dapat berkomunikasi dengan lancar kepada peserta. 

"Benar, MARABUNTA mengadakan pelatihan bahasa isyarat guna saat di lokasi nantinya peserta, panitia dan koloni (MARABUNTA) dapat berkomunikasi dan bercengkrama," ungkapnya. 

Pelatihan bahasa isyarat dipilih karena Fun Camp 2021 menargetkan peserta tunarungu dan tunawicara secara khusus. 

"Nah untuk Fun Camp 2021 sendiri merupakan kegiatan camping ceria yang dilakukan bersama anak berkebutuhan khusus yaitu tunarungu dan tunawicara, serta masyarakat psikologi," jelasnya. 

Mengingat peserta Fun Camp 2021 adalah anak berkebutuhan khusus tunarungu dan tunawicara, pelatihan ini juga menyasar peserta yang sesuai. 

"Nah terkait peserta dalam pelatihan ini ada 2 macam yaitu Teman Tuli (sebutan yg sesuai dengan penyandang tunarungu) dan Teman Normal mengapa demikian dikarenakan agar mereka nantinya dapat melebur, berkomunikasi, bercanda ria sehingga terbangun chemistry, rasa percaya diri, dan kepekaan sosial di antara mereka, lalu panitia sebagai penyelenggara agar kegiatan berjalan lancar, dan koloni MARABUNTA yang akan memantau kegiatan berjalan," tuturnya. 

Lebih lanjut, mahasiswa Fakultas Psikologi UNM angkatan 2019 ini menjelaskan bagaimana pelatihan bahasa isyarat ini dilaksanakan. 

"Nah untuk proses pertemuannya itu dia materinya per level kak jadi pelatihannya itu ada 10 level dan pelatihannya hari sabtu dan minggu yang dilakukan secara offline dan dimulai pada pukul 13:00 - 18:00 sistemnya itu materi pelatihan misal “alfabet” setelah itu peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikannya ke teman-teman peserta pelatihan yang lain," terangnya. 

Pelatihan bahasa isyarat ini direncanakan untuk dilaksanakan selama sebulan dengan 2 kali pertemuan sepekan sebelum kegiatan Fun Camp 2021 digelar. 

"Untuk pelatihan itu kak mulainya tanggal 11 September sampai 10 Oktober, pelaksanaannya 2 kali dalam seminggu setiap hari sabtu dan minggu, Untuk kegiatannya itu (baca: Fun Camp 2021) mulai tgl 15 Oktober sampai 17 Oktober," tutupnya. (AKB)

Posting Komentar