Kegiatan PM2B2 SCMM BEM FMIPA UNM.
Sumber: Dok. SCMM BEM FMIPA UNM

Study Club Maipa Muslim (SCMM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pelatihan Mahasiswa Muslim Bertaqwa dan Berprestasi (PM2B2) secara daring melalui Zoom Cloud Meeting pada Minggu (26/09) lalu.

Kegiatan yang mengusung tema “Membina Karakter Generasi Muslim FMIPA yang Madani Guna Mewujudkan Insan Bertaqwa dan Berprestasi” ini bertujuan untuk membina karakter dan adab mahasiswa. 

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh Asi Dassa selaku Wakil Dekan (WD) II Bidang Akademik FMIPA UNM yang juga sebagai Keynote Speaker, Ustaz Syamsuar Hamka selaku dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon sebagai pemateri pertama, dan Ustaz Muhammad Ammar Naufal selaku dosen Matematika FMIPA UNM sebagai pemateri kedua. 

Pemateri pertama, Ustaz Syamsuar Hamka, mengatakan bahwa kemajuan yang sebenarnya bukan dari teknologi belaka melainkan harus disertai dengan insan yang bermoral. 

“Kita harus melihat sistem, peradaban, atau generasi madani dari perspektif kita sebagai muslim. Peradaban yang maju sebenarnya adalah peradaban yang membangun manusia, bukan manusianya hanya sekedar menghasilkan teknologi namun tidak punya akhlak,” ucapnya. 

Sementara itu, pemateri kedua, Ustaz Muhammad Ammar Naufal, menuturkan bahwa ilmu merupakan faktor pembeda orang yang sukses dan tidak sukses. 

“Sebagaimana dalam firman Allah SWT pada QS. Al-Mujadilah:11, Allah sendiri yang telah menyatakan kepada kita semua bahwa orang-orang yang ingin derajatnya diangkat menjadi pembeda diantara yang lain adalah mereka yang berilmu,” tuturnya. 

Di sisi lain, Ketua Umum SCMM, Fairuz Erlangga Nadwi, berharap agar peserta dapat mengamalkan ilmu yang didapat. 

“Harapan saya semoga output dari kegiatan ini para peserta dapat mengambil dan mengamalkan ilmu yang diberikan tadi, terutama di masalah adab. Ini juga sebagai bekal kepada mahasiswa baru untuk menjalani empat tahun di kampus,”.

Posting Komentar