Pamflet Webinar PFA oleh Tim Dosen FPsi UNM.
Sumber: Dok. Tim Dosen FPsi UNM

Psikogenesis, Kamis (07/10)-  Tim Dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) adakan "Webinar Psychology First Aid (PFA) Mahasiswa Peduli Kesehatan Mental" pada Sabtu (07/08) lalu. 

Novita Maulidya Djalal selaku salah satu tim dosen ini menjelaskan bahwa webinar bermuatan materi PFA ini bertujuan agar mahasiswa dapat lebih siap menjadi relawan korban bencana. 

"Sehingga nanti, mereka yang menjadi volunteer (baca: relawan) pada korban bencana mereka sudah siap pada resiliensi dan sebagai bentuk kontribusi mahasiswa pada kesehatan jiwa pada masyarakat," jelasnya. 

Dalam webinar ini pun terdapat beberapa materi, yakni Karakteristik dan Peran Sosial Remaja, Permasalahan Psikologis Pasca Bencana, dan Mengenal PFA. 

"Dari ibu Dr. Dian Novita Siswanti ada Karakteristik dan Peran Sosial Remaja, dari Ibu Ismalandari Ismail ada Mengenal PFA, dan dari saya ada Permasalahan Psikologis Pasca Bencana," paparnya. 

Webinar ini pun merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang di bentuk oleh tim dosen terdiri atas M. Daud, dan Dian Novita Siswanti. Kegiatan ini pun dilakukan sebanyak dua kali yang diikuti oleh mahasiswa FPsi UNM di Makassar dan di Sulawesi Barat. 

"Pesertanya itu mahasiswa Fakultas Psikologi UNM, namun kegiatan ini dilakukan dua kali, yaitu untuk mahasiswa yang di Makassar dan juga Mahasiswa yang dari Sulbar (baca: Sulawesi Barat). Di Makassar ada sekitar seratusan lebih mahasiswa dan di Sulbar ada 30-40an mahasiswa," jelas dosen yang akrab disapa Novita ini 

Akhir kata, Novita berharap peserta yang di Makassar dapat menjadi relawan dan juga untuk para relawan yang sudah ada di daerah bencana mereka lebih banyak pengetahuannya. 

"Supaya mereka lebih tangguh dan alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar," tutupnya. (BLU)

Posting Komentar