Pamflet Webinar Penerapan Strategi Mental Health pada Tenaga Medis di Mamuju.
Sumber: Dok. Tim Dosen FPsi UNM

Psikogenesis, Jumat (15/10)- Tim dosen Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Sitti Murdiana dan Ismalandari Ismail melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Penerapan Strategi Mental Health pada Tenaga Medis di Mamuju” yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Cloud Meeting pada Sabtu (25/09) lalu.

Sitti Murdiana menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi tenaga medis di Rumah Sakit Umum Darurat (RSUD) Mamuju terkait strategi mengatasi tekanan mental akibat bencana. 

“Tema mental health strategy dalam mengatasi tekanan mental akibat bencana alam dan pandemic pada tenaga medis di RSUD Mamuju,” jelasnya. 

Dosen yang kerap disapa Diana ini menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi tenaga kesehatan (nakes) yang mengalami tekanan mental akibat bencana yang dialami beberapa bulan yang lalu. 

“Meski sudah beberapa bulan berlalu, namun seringkali bila terkait mental biasanya masih meninggalkan bekas atau trauma yang bila seseorang mengingat kembali kejadian tersebut maka ia akan merasakan gejala tertentu. Maka itu, meski sudah berlalu saya merasa bahwa kegiatan ini masih relevan untuk memberi referensi  terkait cara mengurangi efek tekanan tersebut,” jelasnya. 

Diana juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk psikoedukasi. 

“Psikoedukasi yang disajikan melalui webinar,” tambahnya. 

Akhir kata, Diana berharap kegiatan ini bisa dilakukan kembali untuk mencegah dan mengatasi tekanan mental. 

“Diharapkan bisa dilakukan lagi pengenalan mengenai strategi mental health sehingga efek pencegahan ataupun penyembuhan akibat tekanan psikologis bisa segera diatasi,” tutupnya. (DF)

Posting Komentar