Logo KMMI MBKM.
Sumber: Google

Psikogenesis, Minggu (21/11)- Dana Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) belum cair secara merata. 

Course Computer Hacking Forensic Investigation (CHFI) merupakan salah satunya. Dana yang harusnya sudah diterima oleh mahasiswa pada Sabtu (18/09), masih menunggu kepastian dari pencairan dana setelah sertifikat baru diterima Jumat (12/11) kemarin. 

Sebut saja J, salah satu mahasiswa yang mengambil course CHFI UNM. J mengaku belum mendapatkan dana yang dijanjikan, meskipun dirinya telah mengikuti ketentuan seperti merupakan nasabah Bank Nasional Indonesia (BNI) dan diterima menjadi peserta course. 

"Belum (mendapatkan dana), dana harusnya diberikan maksimal 15 hari kerja setelah kegiatan berakhir. Lihat dari teman-teman lain, CHFI salah satu yang telat, beberapa kelas lain memang sudah dapat lebih cepat", aku J. 

Hal serupa disampaikan oleh Ana (samaran), Ana menjelaskan bahwa dirinya juga belum mendapatkan dana KMMI, yang menurutnya dana KMMI seharusnya telah dicairkan selama kelas berjalan. 

"Kalau dananya belum terima sampai sekarang, menurut saya untuk penerimaan dana KMMI sudah bisa dipastikan diawal berjalannya kelas, karena di persyaratan penerimaan dananya tidak tercantum harus lulus di kelas atau kelasnya selesai baru dapat menerima dana KMMI", jelas Ana. 

J menilai keterlambatan perolehan dana KMMI tidak sesuai perjanjian awal, dimana mahasiswa akan tetap menerima sertifikat dan uang meskipun tidak melulusi course yang bersangkutan. 

"Sangat buruk, tidak sesuai perjanjian", singkapnya. 

Di sisi lain Ana menyayangkan pembahasan tentang dana KMMI yang baru dilakukan di akhir course, melihat sudah ada kelas yang menerima dana lebih cepat. 

"Sangat disayangkan kelas CHFI baru membahas dana setelah kelas berakhir, meskipun semua kelas KMMI belum full terima dana, namun sudah ada yang terima secara berkala", tambah Ana. 

Ahmad Fudhail Majid, Dosen sekaligus Koordinator KMMI MBKM UNM sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa dana KMMI akan dipastikan cair sesuai hak mahasiswa. 

"Untuk KMMI insya allah segera dicairkan sesuai haknya mahasiswa, saat ini sudah dicairkan sebagian", tutupnya. (AR)

Posting Komentar