Workshop Anti Bullying oleh Mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM Angkatan XXIII.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Universitas Negeri Makassar Angkatan XXIII dengan penempatan di Kabupaten Barru mengadakan Workshop Anti Bullying yang bertajuk “Speak Up, Stay Strong, Stop Bullying!” di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Barru pada Selasa-Rabu (02-03/11). 

Workshop tersebut berlangsung selama dua hari dan merupakan salah satu program kerja KKN PPL Barru yaitu sekolah pelatihan konselor sebaya di mana pesertanya hanya berasal dari SMAN 4 Barru. Kegiatan ini menghadirkan Awaliah, yang merupakan fasilitator nasional anti perundungan serta pengawas SMA Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan. Pemberian materi terkait bullying diberikan pada hari pertama kegiatan yakni pada Selasa (02/11). 

Minhad Rahmaniyah selaku moderator mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini terdiri dari beberapa agenda yakni, penerimaan materi, ice breaking, pemberian games (permainan), tantangan instastory, dan untuk jangka panjang akan diciptakan komunitas agen anti bullying

“Materi, role playing, ice breaking, games, challenge instastory, dan jangka panjangnya akan dibentuk komunitas agen anti bullying di SMAN 4 Barru," jelasnya. 

Memasuki hari ke-2 pelaksanaan Workshop Anti Bullying oleh Mahasiswa KKN PPL UNM mengadakan games sebagai implementasi dari pemaparan materi pada hari pertama. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu (03/11) bertempat di SMAN 4 Barru. 

Moderator juga mengungkapkan bahwa terdapat dua jenis games yang dilaksanakan yakni boarding evaluation dan finding the bully.

"Ada dua jenis games yang dilakukan, yakni boarding evaluation dan finding the bully," ungkapnya. 

Lebih lanjut, moderator berharap agar melalui permainan boarding evaluation para peserta dapat memahami jenis-jenis bullying dan cara mengatasinya. 

"Saya harap agar games boarding evaluation ini dapat membantu para peserta agar dapat memahami jenis-jenis bullying serta cara mengatasinya," harapnya.

Posting Komentar