Kelompok 40 KKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Kelompok 40 Kuliah Kerja Profesi (KKP)  Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) yang beranggotakan Nur Eka Pratiwi, Nur Rahma, Nadia, Musfirah Azis, dan Andi Ummul Mu'minah mengajak murid-murid Sekolah Dasar (SD) Pertiwi Makassar berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode bermain. 

Kegiatan dengan metode bermain mengajak siswa untuk belajar serta bermain seperti diantaranya, bermain puzzle dan balok yang memiliki manfaat bagi aspek kognitif, permainan ular naga panjang yang dapat membantu anak berinteraksi atau bersosialisasi dengan teman-temannya serta permainan math matching game untuk mengasah kemampuan matematika pada siswa di SD Pertiwi Makassar. 

Pembelajaran dengan metode bermain juga menjadi solusi bagi siswa yang merasa jenuh dan merasa bosan selama melakukan pembelajaran daring. Selain itu, pembelajaran dengan metode bermain juga dapat meningkatkan motivasi siswa untuk kembali belajar dan masuk sekolah secara luring. 

"Program kerja ini bertujuan memberikan penyegaran kepada adik-adik yang selama ini bersekolah di rumah dan merasakan suntuk, merasa bosan dan lain-lain, serta dapat memberikan wadah untuk bisa saling mengenal teman-teman kelas satu sama lain yang biasanya hanya sebatas anggota dalam ruangan zoom atau google meet, terutama pada kelas bawah yakni, kelas 1 sampai kelas 3," ujar Nur Eka salah satu anggota kelompok 40 KKP FPsi UNM. 

Pihak SD Pertiwi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap siswa siswi di SD Pertiwi bisa lebih bersemangat lagi dalam proses belajar luring yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. 

Kegiatan tersebut menjadi aksi nyata bagi mahasiswa Fakultas Psikologi UNM dalam mengaplikasikan teori psikologi yang telah dikuasai untuk diajarkan kepada siswa(i) di SD Pertiwi Makassar.

Posting Komentar