Kelompok 22 KKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) turut berpartisipasi dalam kegiatan Assessment Center di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini di laksanakan di Kantor UPT BKD Povinsi Sulawesi Selatan yang berlokasi di Gedung H lantai 4 kantor gubernur Sulawesi selatan. Kegiatan Assessment Center ini berupa kegiatan pemetaan jabatan, penilaian potensi dan kompetensi, seleksi terbuka, dan sebagainya. 

Dalam kegiatan ini mahasiswa KKP yaitu kelompok 22 berperan sebagai observer dan juga mempersiapkan kelengkapan alat ukur yang digunakan seperti komputer dan alat tes psikologi. Selain itu, mahasiswa KKP juga melakukan skoring alat tes dari tes yang dilakukan. Dengan hadirnya mahasiswa KKP, para assessor yang menjadi panitia kegiatan merasa terbantu seperti yang diakui oleh A. Adiyatma sebagai salah satu assessor. 

"Mereka semua sangat membantu apalagi ketika ada kegiatan. Mereka membagi tugas, ada yang bagian administrasi, obeserver yang kemudian langsung dievaluasi. Saya sangat puas dengan adik-adik dari segi kinerja, kedisiplinaan dan segi sikap,” akunya. 

Selain berpartisipasi dalam kegiatan Assessment Center, mahasiswa juga menjalankan program kerja di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Selatan. Program kerja yang di laksanakan yaitu psikoedukasi pengenalan Assessment Center di lingkup BKD Provinsi Sulawesi Selatan. Program kerja ini bertujuan untuk mengenalkan Assessment Center di lingkup pegawai dan peserta kegiatan Assessment

Dalam program kerja kelompok 22, mahasiswa melakukan psikoedukasi menggunakan media video yang kemudian dievaluasi oleh pegawai BKD Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. Mahasiswa menyebarkan terlebih pre-test kemudian menyebarkan video lalu menyebarkan kembali post-test. Para pegawai sangat puas mengenai video yang dibuat. 

Emmaratna, selaku Kepala Tata Usaha UPT BKD Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa pegawai UPT BKD Provinsi Sulawesi Selatan merasa sangat berterima kasih atas hadirnya mahasiswa KKP Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. 

“Jujur, biasanya kalo saya di sekretariat saya selalu nitip pesan jika ada anak Psikologi yang ingin magang atau semacamnya, diarahkan saja ke UPT karena ilmunya sangat terpakai sekali disini dalam teknisnya terutama jika ada kegiatan. Dari segi jumlahnya yaitu sepuluh orang juga lumayan, segi individunya itu disiplin, sopan, mudah beradaptasi serta gampang diarahkan. Memudahkan selama mereka disini, pekerjaan dua hari menjadi satu hari, teman-teman asesor dan tester juga pasti sangat terbantu sekali," ucapnya. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi kepada pihak Fakultas Psikologi UNM. 

"Pesannya untuk Fakultas, terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk ikut andil di sini. Buat teman-teman KKP, bisa untuk dipanggil lagi ke sini setelah pelepasan jika ada kegiatan," katanya.

Posting Komentar