Kelompok 34 KKP FPsi UNM.
Sumber: Dok. Pribadi

Mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) kelompok 34 Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah ikut berpartisispasi secara aktif dalam kegiatan-kegiatan di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan seperti kegiatan seleksi terbuka, pemetaan jabatan, uji potensi dan kompetensi, konseling, dan sebagainya. Mahasiswa KKP dalam setiap kegiatan berperan menjadi observer yang mengawasi dan membantu tester dalam tes psikologi yang dilaksanakan. 

Elisabeth Sumule Bu’tu, salah satu pegawai yang bertugas sebagai tester mengungkapkan bahwa mereka merasa terbantu dan berterima kasih kepada mahasiswa KKP Fakultas Psikologi. 

“Kami merasa sangat terbantu dengan adanya mereka sebanyak sepuluh orang. Khususnya dalam hal diadakannya penilaian potensi dan kompetensi disini pada saat psikotes, membantu dalam observasi hingga pada saat dilakukannya skoring dapat mempermudah proses dari penilaian potensi, sehingga dapat mengefisienkan waktu selama kegiatan berlangsung,” ucapnya. 

Emmaratna selaku dosen pembimbing lapangan juga menyampaikan bahwa mahasiswa KKP FPsi UNM sangat membantu pekerjaan yang ada di instansi ini juga berterima kasih kepada pihak FPsi UNM. 

“Memudahkan selama mereka disini, pekerjaan dua hari menjadi satu hari, teman-teman asesor dan tester juga pasti sangat terbantu sekali. Pesannya untuk Fakultas, terima kasih sudah memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk ikut andil disini. Buat teman-teman KKP, bisa untuk dipanggil lagi kesini setelah pelepasan jika ada kegiatan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ariska Tenridio sebagai salah satu asesor di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi juga turut memberikan kesan dan pesan kepada mahasiswa KKP Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar bahwa pegawai yang berada di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi merasa sangat terbantu. 

“Mereka sangat membantu kami, para asesor khususnya saya pribadi dalam hal menyiapkan dokumen, administrasi, membuat surat terkait mengenai tugas kami yaitu melakukan penilaian kompetensi khususnya metode asesmen center. Saya mewakili teman-teman asesor mengucapkan terima kasih untuk adik-adik yang sangat membantu tugas pokok dan fungsi kami selaku asesor," ungkapnya. 

Lebih jauh, ia berpesan kepada mahasiswa KKP FPsi UNM untuk terus berkarya, membawa motivasi buat orang lain, dan menjadi agen perubahan khususnya bagi UPT bisa memberikan pengalaman berharga untuk mereka. 

"Dapat memanfaatkan hal baik yang ada di UPT mungkin di dunia kerja ataupun ditempat kerja masing-masing,”  pesannya. 

Selain itu, mahasiswa juga menjalankan program kerja di UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Mahasiswa KKP dari kelompok 34 menjalankan program kerja psikoedukasi terkait konseling kerja dengan menggunakan media X-Banner. Program kerja ini bertujuan untuk mengenalkan program kegiatan konseling kerja yang disediakan oleh UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi BKD Provinsi Sulawesi Selatan. Program kerja ini ditujukan untuk para pegawai yang berada di lingkup BKD Provinsi.

Posting Komentar