Pamflet MAPHAN Literasi 2021 Lomba Essay Nasional.
Sumber:  Dok. UKM MAPHAN UNM.

Sejak digelarnya MAPHAN Literasi 2021 pada Senin (11/10) lalu dengan menyusung tema “Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Pencegahan HIV/AIDS dan Penyalahgunaan NAPZA”, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan NAPZA (MAPHAN) Universitas Negeri Makassar (UNM) telah menyelenggarakan 2 item kegiatan utama yaitu Lomba Esai Tingkat Nasional dan Talkshow bertemakan "Apa Kabar Riset HIV/AIDS ?" yang membahas tentang persoalan-persoalan perkembangan HIV/AIDS saat ini dan juga menjadi closing ceremony dari rangkai kegiatan MAPHAN Literasi 2021. 

Lebih dari 70 peserta ikut berpartisipasi dalam meramaikan acara talkshow ini yang diadakan tepat pada Minggu (07/11) secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting, yang dibuka secara resmi oleh Idham Irwansyah Idrus selaku Dewan Pembina UKM MAPHAN UNM. 

Kegiatan ini mengundang 3 narasumber yang akan membagi pengetahuan dan pengalamanmya yaitu Sudirman Katu yang merupakan dosen Universitas Hasanuddin dan pernah mengikuti penelitian vaksin HIV di Bangkok Thailand pada tahun 2010. Narasumber kedua adalah Awaluddin pernah menjadi monitoring, evaluasi komisi penanggulangan AIds provinsi Sulawesi selatan dan field officer sentra advokasi perempuan difabel anak. Narasumber yang terakhir merupakan salah seorang dengan HIV (ODHIV) bernama Andika yang akan membagikan pengalamanya selama menjadi seorang ODHIV. 

Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada masyarakat khususnya siswa dan mahasiswa di Indonesia tentang perkembangan HIV/AIDS saat ini dan memberikan kesempatan kepada para siswa dan mahasiswa untuk bertanya langsung kepada pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya. 

Pada penghujung acara setelah kegiatan talkshow usai diadakan pengumuman pemenang Lomba Esai Tingkat Nasional untuk siswa dan mahasiswa yang meraih peringkat 1, 2, dan 3. 

Muhammad Kahfi Sofyan selaku Ketua Umum UKM MAPHAN UNM menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para peserta yang telah berpartisipasi mengikuti Lomba Esai Tingkat Nasional dalam kegiatan MAPHAN Literasi 2021 ini. 

“Selamat kepada para pemenang, mulai dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan tingkat mahasiswa. Bagi temen-temen yang menjadi peserta lalu tidak mendapatkan juara saya rasa jangan berkecil hati, ini bukanlah akhir dari segalanya, masih banyak kesempatan-kesempatan lain yang akan menunggu teman-teman. Jadi tetap semangat, dan juga untuk temen-teman yang sudah mendapatkan juara, hal itu harus dipertahankan lagi kalo bisa ditingkatkan supaya kedapanya bisa lebih baik lagi. Dan harapan kedapannya kita bisa bertemu lagi di kegiatan-kegiatan lainya,” kata Ketua umum UKM MAPHAN pada akhir sesi pengumuman pemenang Lomba Esai Tingkat Nasional. 

Ketua Panitia kegiatan MAPHAN Literasi 2021, MH Rahmat Anas juga turut menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasihnya terhadap para peserta lomba dalam kegiatan MAPHAN Literasi 2021 yang dilaksanakan demi meningkatkan kepekaan dan pengetahuan masyarakat terhadap isu-isu terkait HIV/AIDS dan NAPZA. 

“Saya ucapkan banyak-banyak selamat kepada para juara lomba esai ini dan juga saya ucapkan terimakasih banyak kepada para peserta Lomba Esai MAPHAN Literasi. untuk yang tidak mendapatkan juara jangan berkecil hati, masih banyak hal-hal kedepanya harus diasah lagi. Itu pertanda bahwa kita masih harus terus belajar dan terus belajar,” tutur Ketua Panitia pada saat penyampaianya di akhir sesi kegiatan ini.

Posting Komentar