Gedung BM FPsi UNM.
Sumber: Dok. LPM Psikogenesis

Psikogenesis, Sabtu (18/12)- Sejumlah mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan tanggapan mengenai perbedaan fasilitas yang ada di FPsi UNM Makassar dan UNM Kampus V Parepare. 

Mahasiswa FPsi UNM Kampus V Parepare dengan inisial SR mengatakan bahwa adanya perbedaan fasilitas pada wawancara yang dilakukan pada Rabu (03/11) kemarin. SR menjelaskan bahwa perbedaan fasilitas yang ada di antara FPsi UNM Makassar dan Parepare adalah jumlah kelas yang disediakan untuk belajar sedangkan terdapat 3 angkatan yang menempati fakultas tersebut yang bisa membuatnya kelebihan kapasitas jika kuliah dengan metode luring diadakan. 

"Di Parepare untuk psikologi sendiri itu dua kelas ji dan angkatan yang masih di Parepare itu 3 angkatan. Kalau di Makassar kan banyak kelasnya," jelasnya. 

SR juga merasakan adanya perbedaan fasilitas untuk belajar, menurut SR fasilitas yang ada di FPsi UNM Makassar lebih memadai meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh, dimana LCD di kelas Parepare itu cuma ada satu, itupun diberikan oleh FPsi UNM Makassar. 

"Terus fasilitas yang di Makassar lebih memadai meskipun sama ji iya di Parepare fasilitas lainnya," ucapnya lebih lanjut. 

Selain itu, ada juga perbedaan fasilitas pengajar yang dirasakan oleh salah satu mahasiswa FPsi UNM Parepare yang berinisial AR, ia berpendapat kalau dosen-dosen yang mengajar di FPsi UNM Makassar lebih aktif mengajar dibanding di FPsi UNM Parepare, seperti pada saat AR masih menginjak semester dua, dosen kerap tidak memasuki kelas Zoom yang dilaksanakan secara daring. 

"Kalau fasilitas cuman dosen psikologi aktifnya mengajar di Makassar kalau di Parepare terkadang ada mengajar tapi tidak sering," ucapnya. 

Selanjutnya, AR berharap agar kedepannya fasilitas pengajar yang ada di FPsi UNM Makassar dan Parepare disamaratakan dan dosen lebih aktif lagi dalam melakukan pekerjaannya selaku pengajar. 

"Kedepannya fasilitas dari segi pengajaran oleh dosen baik itu di kampus Parepare dan kampus Makassar itu disamaratakan, salah satunya keaktifan dosen dalam mengajar mata kuliah kepada mahasiswa," ujarnya. 

Harapan serupa diucapkan oleh mahasiswa berinisial SR, yang berharap semoga fasilitas yang ada di FPsi UNM Parepare bisa sebanding dengan fasilitas yang ada pada FPsi UNM Makassar. 

"Yah harapan mudah-mudahan sebanding lah fasilitas di Makassar dengan fasilitas yang ada dikampus V UNM Parepare," tutupnya. (016)

*Berita ini ditulis oleh anggota magang LPM Psikogenesis

Posting Komentar